Anggota Lanud Adisutjipto Dapat Literasi Keselamatan Penerbangan

Jum'at, 13 September 2019 - 22:26 WIB
Anggota Lanud Adisutjipto Dapat Literasi Keselamatan Penerbangan
Dislambagjaau saat mengelar sosialisasi budaya keselataman kerja dalam rangkaian Road To Zero Accident di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (13/9/2019). FOTO/Dok Pentak Lanud Adisutjipto.
A A A
YOGYAKARTA - Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Dislambagjau) menggelar sosialisasi budaya keselamatan kerja bagi anggota TNI AU yang bertugas di Yogyakarta Jumat (13/9/2019). Sosialisasi digelar di Gedung Jupiter pangkalan udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta. Kegiatan ini digelar untuk membudayakan keselamtan kerja (safety) dan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang keselamatan kerja.

Dua pembicara dihadirkan dalam kegiatan tersebut, yaitu Kasubdisbinlambangja Dislambangjaau Kolonel Nav Hery Purwanto dan Kepala Seksi Pemeriksaan Fisik Penyakit Dalam Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Kasiriksik Penydal Lakespra) Dinkes AU Mayor Kes dr Hendra. Selain dengan pemberian materi dalam kesempatan itu Dislambagjau juga melakukan peninjauan satuan.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Bob Henry Panggabean mengatakan, sosialisasi ini penting. Apalagi Lanud Adisutjipto sebagai pangkalan operasional juga mengoperasikan alutsista baik untuk latihan maupun mendukung kegiatan operasi udara, sehingga dituntut kesiapan tinggi. Sehingga sumber daya manusia (personel) dituntut profesional dan selalu mengedepankan tahapan keselamatan kerja dalam melaksanakanprogram kerja. Apalagi pentingnya budaya safety dalam mewujudkan zero accident sudah menjadi komitmen bersama.

“Untuk itu wawasan tentang bagaimana langkah-langkah mencapai zero accident sangat diperlukan,” kata Bob Panggabean.

Sementara itu, Kasubdisbinlambangja Dislambangjau Kolonel Nav Hery Purwanto dalam paparannya menekankan zero accident harus menjadi tekad dan tanggungjawab seluruh personel. Antisipasi setiap potensi yang mengarah ke kecelakaan di sekitarnya dengan melaksanakan identifikasi dan risk management. Melaporkan setiap kejadian yang berpotensi bahaya, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

“Karena itu personel TNI AU harus terus meningkatkan budaya safety dan melaksanakan setiap kegiatan sesuai dengan aturan serta tidak memaksakan diri,” terangnya

Sedangkan Kasiriksik Penydal Lakespra Dinkes AU Mayor Kes Hendra menjelaskan tentang kecelakaan kerja yang biasanya terjadi di lingkungan militer khususnya bagi penerbang militer. Serta beberapa kesalahan posisi badan saat mengangkat atau memindahkan barang, ataupun saat duduk di cockpit ataupun di kursi depan meja komputer.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0006 seconds (0.1#10.140)