alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Masyarakat Hadiri Pemakaman BJ Habibie di TMP

SINDOnews
Ribuan Masyarakat Hadiri Pemakaman BJ Habibie di TMP
Pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie berlangsung hikmat. Upacara pemakaman sendiri dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/SINDOphoto/Isra Triansyah

JAKARTA - Ribuan masyarakat menghadiri prosesi pemakaman almarhum Presiden Ketiga RI, BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Pantauan SINDOnews, ribuan masyarakat baik yang berada di luar dan di dalam TMP Kalibata ikut memberikan penghormatan terakhir kepada beliau.

"Saya sangat kehilangan mas, Pak Habibie sangat orang hebat di mata saya. Beliau punya karya yang dibanggakan Indonesia," kata Yusuf kepada SINDOnews yang sengaja hadir bersama kerabatnya untuk melihat langsung prosesi pemakaman BJ Habibie, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).



Selain itu, adapula kepala daerah luar Jakarta maupun dalam Jakarta hadir dalam upacara pemakaman seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Adapun di depan pintu utama pemakaman, dijaga ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan sejumlah alat pengamanan berupa metal detector dan pemeriksana barang bawaan.

Sedangkan, suasana di dalam TMP Kalibata berada di tempat upacara pemakaman dibatasi garis batas polisi militer atau military police line sebagai batas dari masyarakat dan tamu undangan serta para tokoh negara dan para jajaran pejabat negara yang mengikuti prosesi pemakaman.

Upacara Pemakaman Dipimpin Jokowi
Pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie sendiri dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiba di pemakaman, jenazah Habibie disambut kalimat tauhid oleh masyarakat yang hadir. Tepat pukul 13.45 WIB, upacara pemakaman dimulai. Kemudian prosesi militer pun dilakukan sebelum jenazah dikebumikan.

Lagu gugur bunga pun berkumandang di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata saat prosesi penaburan bunga. Bahkan para warga juga ikut menyanyikan lagu tersebut.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Istri Presiden keempat RI Sinta Nuriah.

Sejumlah perwakilam dari negara sahabat juga harir. Bahkan Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah juga nampak di barisan depan.

Para menteri yang berdatangan antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Hadir juga beberapa kepala daerah di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



(nun)

loading...