alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sorominten Dikukuhkan Jadi Sentra Industri Anyaman Bambu

Priyo Setyawan
Sorominten Dikukuhkan Jadi Sentra Industri Anyaman Bambu
Para pengrajin anyaman bambu Sorominten, Sendangarum, Minggir , Sleman menunjukkan keterampilannya mengayam bambu saat pengukuhan, Kamis (12/9/2019). FOTO/IST

SLEMAN - Pemkab Sleman mengukuhkan Dusun Sorominten, Sedangarum, Minggir, Sleman sebagai sentra industri anyaman bambu, Kamis (12/9/2019). Selain untuk membangkitkan eksistensi Sorominten sebagai sentra penghasil anyaman bambu, pengukuhan ini juga untuk mempermudah dalam akses permodalan untuk pengembangan produksi.

"Pengukuhan sentra industri ini tahap awal pengembangan untuk peningkatan kelembagaan dalam pemberdayaan ekonomi dan industri kecil,” kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat pengukuhan tersebut.

Muslimatun menjelaskan untuk pengembangan indusri kecil menengah ini, selain dengan pembinaan dan pelatihan industri yang memanfaatkan produk lokal juga dengan membantu pemasarannya. Di antaranya dengan menyediakan promosi melalui event pameran, penyediaan show room dan publikasi



Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman RR Mae Rusmi menambahkan untuk lebih mengembangkan produk di sentra anyaman bambu di Sorominten salah satunya dilakukan dengan pengembangan teknologi tepat guna dan mutu produk, pendampingan, bimbingan teknis serta pemasaran produk.

“Kami juga memberikan fasilitas rumah kreatif Sleman, yakni wadah bagi para pelaku IKM untuk berkonsultasi terkait dengan kendala para pelaku usaha,” tambahnya.



(nun)

loading...