Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Kamis, 12 September 2019 - 10:30 WIB
Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara
Gunung Merbabu Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara
A A A
BOYOLALI - Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar. Guna mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup sementara semua jalur pendakian di gunung berketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Dalam surat edaran SE.417/T.35/TU/EVLAP/2019 yang diterbitkan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu pada 12 September 2019 disebutkan, penutupan sementara jalur pendakian Gunung Merbabu diberlakukan mulai 12 September 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Jalur pendakian akan dibuka kembali setelah kondisi Gunung Merbabu dinyatakan aman atau memungkinkan untuk aktivitas pendikian.

“Penutupan jalur pendakian dilakukan setelah memperhatikan keadaan saat ini, dimana terjadi kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan aspek keselamatan pendaki,” kata Kepala Balai Taman Nasioanal Gunung Merbabu Junita Parjanti dalam surat edaran yang diterima SINDOnews, Kamis (12/9/2019).

Sehubungan dengan hal itu, Junita mengimbau kepada seluruh pegawai Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan semua mitra pengelola pendakian untuk menyosialisaslikan surat edaran tersebut kepada masyarakat. “Dan kami minta kepada para pendaki untuk menaatinya,” tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9701 seconds (0.1#10.140)