alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Senda Gurau Ganjar dan Waldjinah di Galeri Walang Kekek

Ahmad Antoni
Senda Gurau Ganjar dan Waldjinah di Galeri Walang Kekek
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi Waldjinah di Galeri Batik Walang Kekek, Solo, Selasa (10/9.2019) malam. FOTO/ IST

SOLO - Tidak henti-hentinya Waldjinah tertawa mendengar celetukan-celetukan balasan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat dia menceritakan riwayat karirnya sebagai penyanyi keroncong. Terlebih saat Ganjar mengatakan ingin jadi ketua Sobat Ambyar usai menyelesaikan periode keduanya memimpin Jawa Tengah.

Pada Selasa (10/9/2019) Ganjar Pranowo menjalani tiga agendanya di Solo, satu di antaranya adalah mengunjungi Galeri Batik Walang Kekek milik maestro keroncong, Waldjinah. Ganjar tiba di jalan Nakulo H-13 Grogol Indah Solobaru Sektor 7 Surakarta, letak galeri sang maestro selepas Maghrib dan langsung menyalami sang maestro yang tengah duduk di ruang tengah galeri.

"Ini galeri Walang Kekek, lha mana walangnya, kok tidak ada?," kata Ganjar sambil duduk di depan Waldjinah.



Mendengar celetukan pertama dari Ganjar itu Waldjinah tidak kuasa menahan tawa. Waldjinah pun mengisahkan tekadnya membangun galeri yang berisi seluruh koleksi batik yang mendampinginya sepanjang berkarya. Bahkan ada batik yang berusia sekitar 100 tahun yang dibuat langsung oleh mendiang kakaknya.

"Kalau ini batik Walang Kekek, yang mengkreasi anak saya," kata Waldjinah.

Ganjar langsung teringat dengan lagu Walang Kekek, kemudian menanyakan muasal lagu yang melambungkan nama Waldjinah itu.

"Kenapa bukan walang ngekek, walang ngakak atau walang eek (berak)," kata Ganjar yang lagi-lagi membuat Waldjinah tertawa.

"Ora gur ngganteng, sampeyan ternyata yo lucu. Untung aku wes tuwo (bukan hanya tampan, ternyata sampeyan juga lucu. Untung aku sudah tua)," kata Waldjinah yang disambut tawa oleh Ganjar.

Saling balas celetukan terus berlangsung sepanjang pertemuan satu setengah jam itu. Waldjinah lebih banyak berbagi kisah konser-konsernya dan perkembangan musik tradisional dari dulu hingga terkini.

"Kalau dulu itu yang luar biasa Ki Narto Sabdo. Selain dalang, lagu-lagunya juga luar biasa. Saat ini yang luar biasa Didi Kempot," kata Waldjinah.

Mendengar Didi Kempot disebut, Ganjar pun mengatakan juga beberapa kali manggung bareng penyanyi lagi Banyu Langit itu. Bahkan dia juga mengatakan jadi bagian dari Sobat Ambyar.



(nun)

loading...