Awas, Gelombang 4 Meter Ancam Pesisir Selatan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 23:00 WIB
Awas, Gelombang 4 Meter Ancam Pesisir Selatan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
CILACAP - Gelombang tinggi hingga empat meter mengancam sejumlah pesisir laut selatan Jawa mulai Cilacap hingga Yogyakarta. Untuk itu, warga yang tinggal di pesisir area tersebut diminta untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap menyampaikan peringatan dini gelombang tinggi itu berlaku mulai hari ini Sabtu (19 /1/2019) pukul 07.00 WIB sampai 22 Januari pukul 07.00 WIB.

“Gelombang setinggi 1,25 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan Selatan Cilacap, perairan Selatan Kebumen, perairan Selatan Purworejo, dan perairan Selatan Yogyakarta,” ujar prakirawan BMKG Feriharti Nugrohowati.

Dia menambahkan, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Cilacap, Samudra Hindia Selatan Kebumen, Samudra Hindia Selatan Purworejo, dan Samudra Hindia Selatan Yogyakarta. Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan, batas aman kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Sementara kapal ferry ,kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

“Kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6833 seconds (0.1#10.140)