Tahun Depan Jokowi Bangun Istana Presiden di Papua

Selasa, 10 September 2019 - 17:09 WIB
Tahun Depan Jokowi Bangun Istana Presiden di Papua
Presiden Jokowi berencana membangun istana presiden di Papua. Pembangunan istana direncanakan tahun depan. Pembangunan ini bermula dari permintaan Tokoh Adat Papua Abisai Rollo agar ada Istana presiden di Papua. Foto/Dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Tahun depan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membangun istana presiden di Papua. Pembangunan ini bermula dari permintaan Tokoh Adat Papua Abisai Rollo agar ada Istana presiden di Papua.

“Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. Nanti saya ngomong ya duitnya enggal ada. Ya jadi mulai tahun depan istana dibangun,” katanya di Istana Negara, Selasa (10/9/2019).

Jokowi mengakui, pembangunan Istana Presiden di Papua terkendala masalah lahan. Karena dapat sumbangan dari Abisai Rollo seluas 10 hektare maka pembangunan itu dapat direalisasikan.

“Kemudian yang terakhir mengenai Istana Presiden. Ini kan di sana yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi sudah disediakan. Benar? 10 hektare gratis? Gratis? 10 hektare benar? Sudah ada? Ooh punya Pak Abisai Rollo. Hari ini de facto sudah diserahkan,” paparnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengundang sejumlah tokoh adat dan agama Papua serta Papua Barat ke Istana, Selasa (10/9/2019). Dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang menjadi permintaan tokoh-tokoh tersebut.

Salah satunya dilontarkan Abisai yang meminta pemerintah membangun istana di Jayapura. Ia bahkan bersedia menyediakan lahan untuk pembangunan istana tersebut.

“Saya Abisai Rollo menyumbangkan kepada negara tanah 10 hektare untuk dibangun Istana Presiden Republik Indonesia. Sehingga perjalanan bapak Presiden ke Papua berubah dari berkunjung menjadi berkantor,” ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1902 seconds (0.1#10.140)