Robot Tempur Diklaim Siap Dioperasikan di Medan Perang

Senin, 09 September 2019 - 15:00 WIB
Robot Tempur Diklaim Siap Dioperasikan di Medan Perang
Ilustrasi Robot tempur. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Sub-divisi dari Korps Marinir AS, yang dikenal sebagai Sea Mob, sedang mengembangkan robot-robot cerdas artifisial yang mampu membuat keputusan otonom kolektif.

Fase uji prototipe pertama dilaporkan telah dilakukan pada Oktober 2018. Mesin-mesin itu berhasil secara intuitif merasakan lingkungan mereka, dan beroperasi bersama-sama untuk memposisikan diri secara strategis.

Mesin-mesin itu akan dilengkapi dengan pemerintahan bebas untuk menargetkan dan menjatuhkan musuh tanpa input manusia.

Menulis dalam makalah subkomite tentang pertahanan, mantan direktur kantor kemampuan strategis Dr. William B. Roper, Jr mengatakan armada Sea Mob / Ghost akan mengubah "robot yang ada menjadi otonom, yang mampu misi berbahaya, senjata yang sepenuhnya otonom akan membuat kesalahan tragis dengan konsekuensi yang tidak terduga yang dapat mengobarkan ketegangan."

Pemerintah Rusia memastikan telah membuat robot tempur yang mereka beri nama F.E.D.O.R. Robot ini dibuat untuk memiliki intelektual seperti manusia sehingga bisa memutuskan sendiri menyerang atau bertahan dalam situasi terdesak.

Rusia mengklaim robot militer baru mereka dapat menembakkan senapan namun menegaskan bahwa ini bukan "pembunuh manusia".

Dalam rekaman video yang Pemerintah Rusia unggah Robot F.E.D.O.R. mampu menyetir mobil, menggunakan senjata dan dapat memperkerjakan pekerjaan manusia seperti ngebor tembok.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7343 seconds (0.1#10.140)