alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terungkap Alasan Kaspersky Buka Pusat Transparansi di Malaysia

Intan Rakhmayanti
Terungkap Alasan Kaspersky Buka Pusat Transparansi di Malaysia
Ilustrasi Hacker. FOTO/ Ist

YANGON - Untuk kali pertama di Asia Pasifik, Kaspersky baru saja membuka Pusat Transparansinya. Pusat Transparansi ini Kaspersky bangun di Malaysia. Lokasi fasilitas peninjauan kode perusahaan untuk yang ketiga ini bertempat di Cyberjaya, di samping lembaga pemerintah untuk dunia siber di Malaysia.

Managing Director APAC & Japan Kaspersky Stephan Neumeier mengungkap alasan dipilihnya Malaysia untuk menjadi pusat transparansi pertama di Asia Pasifik.

Dalam sesi media interview Cyber Security Weekend di Yangon, Myanmar, ia menjelaskan bahwa Malaysia merupakan negara yang tidak memihak alias independent.



Lebih lanjut, kata Neumeuer, Kaspersky menilai Malaysia bebas dari permasalahan geopolitik. Selain itu pemerintahannya juga sangat mendukung dan tidak mempersulit proses dibukanya pusat transparansi itu.

"Tadinya kita mau buka di China, tapi setelah kita pelajari Malaysia lebih pas untuk buka pusat transparansi ketiga kami," tuturnya.

Sekedar informasi, Kaspersky sendiri pernah tersandung masalah yang menyangkut geopolitikal. Pada 2017, perusahaan yang berpusat di Rusia ini dituding telah menjadi mata - mata bagi pemerintah rusia untuk membobol data rahasia dari negara lain.

Hacker yang diduga asal Rusia berhasil mencuri data-data rahasia dari seorang kontraktor National Security Agency (NSA). Kontraktor NSA diduga telah membawa software resmi miik Kaspersky.

Namun Kaspersky buru-buru menampik kabar tersebut dan mengatakan pihaknya tidak memiliki hubungan apapun dengan pemerintah manapun, termasuk Rusia.



(mif)

loading...