alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Sosok Kowad Pertama yang Jabat Babinsa Kodim Banyumas

Puguh Hariyanto
Begini Sosok Kowad Pertama yang Jabat Babinsa Kodim Banyumas
Serka (K) Iska Yuniarti merupakan Babinsa pertama di lingkungan Korem 071/Wijayakusuma atau bahkan di Kodam IV/Diponegoro. FOTO/IST

BANYUMAS - Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD biasanya dijabat seorang prajurit TNI AD pria. Namun di Banyumas Babinsa juga dipercayakan kepada prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Sosok Srikandi itu adalah Serka (K) Iska Yuniarti. Istri dari Danposal Kaimana Papua Barat di Lantamal XVI Sorong Letda Laut (KH) Indra Ardiyasa ini merupakan Babinsa pertama di lingkungan Korem 071/Wijayakusuma atau bahkan di Kodam IV/Diponegoro.

Ibu dua anak ini, kini dipercaya menjabat Babinsa Koramil 15/Pekuncen, Kodim 0701/Banyumas, Korem 071/Wijayakusuma untuk membina masyarakat di Desa Pasiraman Kidul, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas .



Keberadaan Kowad sebagai Babinsa dipandang sangat positif, bahkan diharapkan dapat menjadi triger (pemacu) bagi Kowad-Kowad lainnya, untuk meniti karir sebagai Babinsa.

Sementara itu, Serka (K) Iska Yuniarti yang akrab dipanggil Iska, saat dihubungi melalui telpon bercerita bahwa dirinya pun tidak terpikir jika akan menjadi pembina wilayah Teritorial seperti saat ini. "Dengan menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Iska.

Dikisahkan, selepas lulus SMA Pada Tahun 2001, dengan berbekal tekad dan semangat yang kuat serta motivasi yang tinggi, dirinya mendaftarkan diri untuk bergabung TNI Angkatan Darat di Kodam III/Siliwangi. Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Iska Yuniarti dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD Lembang Bandung Tahun 2005.

Terkait dengan jabatannya saat ini, wanita kelahiran Brebes, 35 tahun lalu itu, mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga dan senang bisa langsung berinteraksi dan terlibat langsung dalam kehidupan di masyarakat khususnya membantu kesulitan masyarakat. "Bangga dan senang tentunya," pungkas Iska.



(nun)

loading...