alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hore, Salatiga 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Angga Rosa
Hore, Salatiga 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan
Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat menerima Tim Verifikasi Kota Sehat di ruang kerjanya. Foto/IST

SALATIGA - Tim verifikasi kota sehat dari Kementerian Kesehatan telah melakukan survei BABS (buang air besar sembarangan) di Kota Salatiga. Hasilnya, Salatiga dinyatakan 100% bebas BABS.

Kepala Dinas kesehatan Kota Salatiga Siti Zuradiah menjelaskan, bahwa tim verifikasi datang ke Kota Salatiga dalam rangka melaksanakan tugas verifikasi sanitasi total berbasis masyarakat (STMB).

“Untuk verifikasi BABS sudah selesai. Salatiga dinyatakan 100% bebas BABS. Semoga untuk verifikasi lainnya, Salatiga mendapatkan hasil terbaik,” katanya, Sabtu (7/9/2019).



Menurut Zuraidah, STBM menekankan pada lima perubahan perilaku, yaitu tidak buang air besar disembarang tempat, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, mengelola air minum rumah tangga, mengola sampah rumah tangga dan mengolah limbah cair rumah tangga.

Adapun salah satu strategi yang digunakan Pemkot Salatiga untuk mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat adalah dengan melibatkan kader kesehatan, PKK dan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Dalam membudayakan perilaku hidup sehat di masyarakat, kami juga juga melibatkan TNI dan Polri,” ujarnya.



(nun)

loading...