Asteroid Berkekuatan 50 Megaton Nuklir Dekati Bumi

Sabtu, 07 September 2019 - 11:00 WIB
Asteroid Berkekuatan 50 Megaton Nuklir Dekati Bumi
Astroid Besar terdekteksi satelit NASA bergerak mendekati bumi. FOTO/ DailyStar
A A A
NEW YORK - Asteroid seukuran kapal pesiar bergerak mendekati Bumi dengan kecepatan 30.500 mph mulai Jumat 6 September 2019.

Badan antariksa Amerika Serikat NASA dan ESA memastikan Asteroid besar yang memiliki kekuatan lebih dari 50 megaton nuklir akan meluncur melewati bumi. NASA mengatakan asteroid raksasa itu - dijuluki 2019 GT3 - memiliki lebar 1.214 kaki, membuatnya jauh lebih tinggi dari Menara Eiffel di Paris. BACA JUGA: Semakin Berbahaya, NASA Siapkan Rencana Gila untuk Selamatkan Bumi

Seperti dilansir dari DailyStar, Jumat (6/9/2019), mengingat ukuran asteroid yang besar, ia mampu menciptakan kawah yang lebarnya sekitar tiga mil jika bertabrakan dengan Bumi. Ini berarti asteroid cukup kuat untuk menghancurkan seluruh kota selama peristiwa tabrakan. "Penghancur kota" saat ini melaju dengan kecepatan 30.500 mph.

NASA telah memperkirakan bahwa 2019 GT3 akan terbang melewati Bumi pada 6 September pukul 4.21 sore. Pusat ini mengklasifikasikan Asteroid yang Berpotensi Berbahaya dan mengancam karena mendekati Bumi.

NASA menggolongkan tempat itu sebagai zona "objek dekat-Bumi", NASA sendiri berupaya menyelamatkan umat manusia dengan menyiapkan rencana gila untuk menyelamatkan bumi dengan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid. BACA JUGA: 19 Hari Lagi, NASA dan Space X Peringatkan Keadaan Bumi Genting

NASA sedang meningkatkan rencana untuk secara sengaja menabrak pesawat ruang angkasa ke asteroid ketika bergabung dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) minggu depan.

Para ilmuwan dari kedua organisasi berencana untuk menguji apakah mungkin untuk membelokkan orbit asteroid yang berpotensi mematikan jutaan umat manusia.

Para ahli akan bertemu di Italia untuk menyempurnakan rencana tersebut. Sejauh ini, itu melibatkan tabrakan NASA DART - atau Uji Dampak Asteroid Ganda - ke asteroid.

NASA memperingatkan Asteroid yang tingginya dua kali ketinggian Empire State Building akan meluncur melewati Bumi dengan kecepatan 14.361 mph (23.100 km / jam) pada 14 September, kata para ahli.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.9989 seconds (0.1#10.140)