Pabrik Esemka Jadi Pemicu Pertumbuhan Industri Automotif Jateng

Jum'at, 06 September 2019 - 22:01 WIB
Pabrik Esemka Jadi Pemicu Pertumbuhan Industri Automotif Jateng
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). FOTO/SINDOnews/ Ary Wahyu Wibowo
A A A
SEMARANG - Mobil karya anak bangsa sebentar lagi mengaspal di Indonesia. Hal ini menyusul telah diresmikannya pabrik perakit mobil Esemka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (6/9/2019).

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Esemka berharap industri ini menimbulkan efek pengganda (multiplier effect) di Jawa Tengah. Terlebih total investasi pada pabrik yang dirancang sekitar 10 tahun itu mencapai Rp 600 miliar.

Pabrik perakitan mobil Esemka itu berada di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi. Letaknya di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Dalam produksinya, sekitar 80 persen komponennya berasal dari dalam negeri.

"Tentu ini akan membuat dampak yang besar di Jawa Tengah, khususnya di daerah sekitar sini. Tadi Presiden mengatakan dengan berdirinya pabrik ini akan menimbulkan multiplier effect yang sangat besar karena menggunakan komponen dalam negeri," kata Wakil Gubernur Jateng yang akrab disapa Gus Yasin itu.

Gus Yasin juga berharap dengan berdirinya pabrik ini akan semakin memicu pertumbuhan industri automotif di Jawa Tengah. Sehingga memberi dampak positif bagi pertumbuhan perekonomian yang ditargetkan mencapai 7%.

"Ini kan nilainya mencapai Rp600 miliar. Lumayan besar lah. Syukur-syukur langkah ini bisa diikuti pabrikan automotif lain," katanya.

Pabrik Esemka terletak di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Dalam produksinya, sekitar 80% komponennya berasal dari dalam negeri.

Pabrik tersebut berdiri di atas lahan seluar 115 ribu meter per segi dengan luas bangunan 12.500 meter per segi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun. Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5350 seconds (0.1#10.140)