alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Protes Asap, Malaysia Segera Kirim Nota Diplomatik ke Indonesia

Victor Maulana
Protes Asap, Malaysia Segera Kirim Nota Diplomatik ke Indonesia
emerintah Malaysia dilaporkan akan mengirim nota diplomatik kepada pemerintah Indonesia terkait dengan kabut asap. Foto/Istimewa

KUALA LUMPUR - Malaysia memprotes "kiriman" asap dari Indonesia. Pemerintah Malaysia dilaporkan segera mengirim nota diplomatik kepada pemerintah Indonesia terkait dengan kabut asap. Malaysia meminta tindakan segera Indonesia untuk memadamkan kebakaran hutan, yang menyebabkan memburuknya kualitas udara di beberapa bagian Sarawak.

Deputi Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia, Isnaraissah Munirah Majilis mengatakan bahwa citra satelit menunjukkan total 1.393 titik panas di Indonesia, 306 di Sumatra dan 1.087 di Kalimantan.

"Kabut lintas-batas adalah penyebab adanya kabut asap yang menyelimuti seluruh negeri," kata Isnaraissah dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Jumat (6/9).



Isnaraissah, mengatakan bahwa nota diplomatik sedang disusun dan akan dikirim secepat mungkin. Dia lalu menyebut bahwa Malaysia belum menerima permintaan dari Indonesia untuk membantu memadamkan api.

Dia mencatat bahwa Komite Pengarah Menteri Sub-Regional untuk Polusi Asap Lintas Batas bertemu pada 6 Agustus, dan negara-negara yang terlibat yaknii Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura dan Thailand, telah berjanji untuk bekerja sama untuk mengatasi polusi kabut asap.

"Mudah-mudahan, dengan tindakan kami mengirimkan nota diplomatik dan kerja sama dari semua negara yang terlibat, situasinya dapat diatasi," tukasnya.



(nun)

loading...