3 Program Prioritas Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jateng

Jum'at, 06 September 2019 - 07:00 WIB
3 Program Prioritas Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jateng
3 Program Prioritas Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jateng. Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Berbagai program dan strategi dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah guna mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen. Tiga program prioritas yang digadang-gadang Jateng menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi, yakni pengembangan Kawasan Industri Kendal (KIK), Kawasan Industri Brebes, dan pengelolaan sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono KS saat dialog interaktif bertajuk “Meretas Jalan Pertumbuhan Ekonomi Jateng Tujuh Persen” di Semarang, Kamis (5/9/2019). Hadir pula sebagai narasumber Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng, Frans Kongi, Ekonom Undip Firmansyah, dan Kepala Grup Advisor dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Iss Savitri Hafid.

Sekda menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tujuh persen merupakan perintah atau target dari pemerintah pusat kepada dua provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Guna mendongkrak dan mengejar target pertumbuhan ekonomi tersebut, beragam program dan strategi digencarkan.

“Ada tiga program prioritas sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi yang diusulkan Pemprov Jateng kepada pemerintah pusat. Yaitu pengembangan Kawasan Industri Kendal, Kawasan Industri Brebes, serta pengelolaan pariwisata khususnya Borobudur dan sekitarnya,” terangnya.

Kawasan Industri Kendal sekarang sedang menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sehingga akan menyerap tenaga kerja sebanyak 20 ribu-60 ribu orang. Bahkan KIK sudah komitmen dengan dua kepala negara, yakni Presiden RI dengan Presiden Singapura. Selain itu, untuk mempermudah akses transpotrasi, juga akan dibangun pelabuhan di KIK.

Untuk kawasan industri baru di Kabupaten Brebes, lanjut dia, sudah disediakan lahan seluas sekitar 3,700 hektare. Selain itu, sejumlah program akan dikembangkan untuk mendukung pembangunan kawasan industri yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat itu. Pembangunan Kawasan Industri Brebes segera diwujudkan, apalagi kemiskinan di kabupaten ujung barat Jateng itu masih tinggi atau peringkat tiga setelah Wonosobo.

Potensi tidak kalah penting adalah pengembangan kawasan wisata yang akan dipermudah dengan dibangunnya Tol Solo-Yogyakarta, eningkatan jalan di jalur Purworejo-Yogyakarta, serta fasilitas pendukung lainnya.

“Tadi para narasumber dan pihak-pihak terkait lainnya satu kata sepakat pertumbuhan ekonomi Jateng 7 persen. Kata kuncinya, kita memberikan kemudahan dalam perizinan, diberikan insentif kepada para investor, ada peningkatan SDM, dan jangan lupakan kearifan lokal, dan lokal potensi daerah,” jelasnya.

Jateng saat ini menjadi daerah paling cantik untuk investasi, menurut sekda karena keamanan wilayah Jateng relatif kondusif, ada insentif kepada para investor, upah buruh terjangkau, serta kondisi geogragis mendukung untuk investasi.

“Tidak kalah penting adalah pengembangan perusahaan manufaktur tekstil dan turunannya, alas kaki, dan furniture. Tiga ini yang menjadi andalan kita. Maka untuk mendukung itu kita paparkan semua di hapapan investor,” bebernya.

Senada disampaikan Sekda Sri Puryono, Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Iss Savitri Hafid mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tujuh persen itu tidak mudah karena tantangannya pun beragam, baik dari dalam maupun dari luar. Namun demikian Jawa Tengah memiliki banyak potensi yang dapat digali guna mencapai target tersebut.

Menurutnya, ada beberapa faktor dari dalam yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Antara lain lokasi Jateng yang strategis karena berada di tengah Pulau Jawa, adanya perbaikan maupun pembangunan infrastruktur sehingga mempermudah lalu lintas pengiriman barang ke berbagai daerah, keberadaan kawasan industri di beberapa daerah, serta industri manufaktur prioritas seperti tekstil, furniture, makanan, dan minuman.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9824 seconds (0.1#10.140)