Rumah Zakat Suplai 750.000 Liter Air Bersih di Gunungkidul dan Kulonprogo

Kamis, 05 September 2019 - 09:30 WIB
Rumah Zakat Suplai 750.000 Liter Air Bersih di Gunungkidul dan Kulonprogo
Rumah zakat mendistribusikan 750 ribu liter air bersih di wilayah terdampak kekeringan di Gunungkidul dan Kulonprogo. IST
A A A
YOGYAKARTA - Data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Yogyakarta menyebutkan, musim kemarau di tahun 2019 melanda 10 kecamatan dari 18 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Atas kondisi tersebut, Rumah Zakat mendistribusikan 750 ribu liter air bersih di daerah Gunungkidul dan Kulonprogo.

Adapun kecamatan yang mengalami kekeringan di daerah Gunungkidul meliputi Kecamatan Purwosari, Tepus, Ngawen, Ponjong, dan Panggang. Sedangkan di wilayah Kulonprogo, di antaranya Kecamatan Kalibawang, Sentolo, Samigaluh, dan Nanggulan.

“Sampai saat ini Rumah Zakat sudah mendistribusikan sebanyak 150 tangki atau sekitar 750rb liter. Sebanyak enam tangki dilepas secara simbolis di halaman Balai Kota untuk disalurkan di empat wilayah Gunung Kidul,” kata Branch Manager Rumah Zakat, Warnitis dalam siaran pers, Rabu (4/9/2019).

Sementara itu, Septi Sri Rezki selaku Staf Ahli Wali Kota Yogyakarta di Bidang Perekonomian mengatakan, permasalahan saat musim kemarau tidak hanya berdampak pada aspek ekologis. Menurutnya, hal tersebut juga bisa berdampak pada aspek ekonomi, medis, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi permasalahan sosial karena berebut air bersih.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Zakat yang sudah peduli terhadap masyarakat. Dengan adanya air bersih ini sangat membantu kami,” ujarnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7954 seconds (0.1#10.140)