alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Saluran Air Ditutup, Ribuan Ikan di Sleman Ditemukan Mati

kuntadi
Saluran Air Ditutup, Ribuan Ikan di Sleman Ditemukan Mati
Gara-gara saluran air ditutup, ribuan ikan jenis bawal seberat 6 ton di Sleman mati. FOTO/iNews.id/Kuntadi

SLEMAN - Ribuan ikan jenis bawal seberat 6 ton, milik Veri Puri Hermawan (28) yang berada di kolam ikan yang terletak di Dukuh Baturan, Trihanggo, Gamping, Sleman, DIY, Rabu (4/9/2019) ditemukan mati. Akibatnya korban mengalami kerugian hingga Rp100 juta. “Diketahui pagi sudah mati dan banyak yang mengambang,” jelas Veri, Rabu (4/8/2019).

Menurutnya, ikan yang mati ini bukan karena keracunan. Namun ada orang yang sengaja menutup aliran air dari selokan. Padahal aliran ini menjadi sirkulasi udara bagi ikan yang ada di kolam. Akibatnya pasokan oksigen minim dan menjadikan ikan lemas dan akhirnya mati. “Kemungkinan sejak Selasa malam telah ditutup, sehingga tidak ada sirkulasi udara yang mengakibatkan ikan mati,” terangnya.

Di antara ikan yang mati, ada empat ekor ikan bawal jenis albino. Ikan ini dulu akan dijual dan ditukar dengan sebuah sepeda motor. Namun dia mengurungkan karena ikan ini langka dan akan dibudidayakan. “Sebenarnya sudah siap panen. Total kerugian antara Rp90 juta hingga Rp100 juta,” terangnya.



Veri sendiri mempersilahkan warga yang ingin mengambil ikan-ikan yang mati untuk dikonsumsi. Dia merelakan ikan tersebut diambil warga tanpa diberikan kompensasi. Hal ini membuat sejumlah warga yang mengetahui datang untuk mengambil.

Satu orang bisa membawa pulang hingga 10 kilogram. Ikan inipun akan dimasak untuk dikonsumsi. Apalagi kondisi ikan masih cukup bagus dan belum busuk. Apalagi matinya ikan ini bukan karena obat atau racun, sehingga akan aman untuk dikonsumsi. “Ini untuk dikonsumsi dan sebagian nanti akan dibagi-bagi,” ungkap Rajiman salah seorang warga.



(nun)

loading...