Wali Kota Minta Pelajar Asal Papua di Semarang Netralisasi Hoaks

Selasa, 03 September 2019 - 20:06 WIB
Wali Kota Minta Pelajar Asal Papua di Semarang Netralisasi Hoaks
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat foto bersama dengan siswi asal Papua saat berkunjung di SMK Bagimu Negeriku, Mijen, Selasa (3/9/2019). Foto/IST
A A A
SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta kepada para pelajar asal Papua di Semarang untuk menetralisasi berita yang tidak benar (hoaks) mengenai mengenai isu perpecahan di Indonesia. Ini demi persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya prihatin atas muncul perpecahan karena isu SARA. Saya yakin pribadi kita oke tetapi kemarin diperparah dengan isu hoaks di media sosial. Jadi saya titip pesan kepada seluruhnya untuk melakukan netralisir apabila menemukan berita hoaks, semua ini demi kenyamanan kita bersama sebagai warga bangsa yang cinta NKRI," kata Hendrar Prihadi saat berkunjung di SMK Bagimu Negeriku di Mijen, Selasa (3/8/2019).

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini sengaja berkunjung ke SMK Bagimu Negeriku bersama Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji dan Komandan Kodim 0733 BS / Kota Semarang Kolonel Kav Zubaedi untuk bertemu dengan sejumlah siswa asal Papua yang bersekolah di sekolah tersebut. SMK Bagimu Negeriku merupakan salah satu sekolah di Kota Semarang yang menerima murid dari seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Papua.

Dalam kesempatan tersebut Hendi mengatakan, Indonesia adalah negara yang kaya dengan perbedaan. Untuk itu, seharusnya Bangsa Indonesia tidak lagi mempermasalahkan adanya perbedaan.

"Jadi di sini saya ingin menyampaikan ke semua yang hadir, bahwa kita ini sudah hidup di era kemerdekaan. Sudah 74 tahun, jadi jangan ada lagi diskusi mengenai perbedaan yang ada. Bung Karno, Bung Hatta serta para pendiri bangsa Indonesia lainnya sudah memikirkan jauh-jauh hari hingga lahirlah Pancasila," tandasnya.

Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji menyatakan, kunjungan tersebut dirasa penting mengingat SMK Bagimu Negeriku bisa disebut sebagai miniaturnya Indonesia karena muridnya berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

"SMK Bagimu Negeri bagaikan miniaturnya Indonesia. Di mana adik-adik dari seluruh Provinsi ada di sini. Dan Alhamdulillah kondisi keamanan dan ketertiban di Kota Semarang saat ini semuanya kondusif, tentu ini semua merupakan berkat kesadaran seluruhnya," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0733 BS / Kota Semarang Kolonel Kav Zubaedi menyatakan, kunjungan dan diskusi di SMK Bagimu Negeri penting karena jika melihat siklus regenerasi, maka tidak menutup kemungkinan para siswa SMK tersebut kelak akan menjadi pemimpin bangsa yang memiliki pengaruh.

"Siswa SMK Bagimu Negeriku merupakan generasi penerus yang akan menjadi next leader, maka harus menyadari bawah perbedaan adalah indah. Jangan mudah termakan isu hoak yang sifatnya memecah persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0818 seconds (0.1#10.140)