Amien Rais Ajak Untuk Tak Membiarkan Papua Lepas dari NKRI

Selasa, 03 September 2019 - 18:00 WIB
Amien Rais Ajak Untuk Tak Membiarkan Papua Lepas dari NKRI
Tokoh reformasi yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tokoh Reformasi yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengkhawatirkan Papua akan lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia pun mengajak untuk tidak membiarkan Papua lepas dari Indonesia. "Jangan pernah kita biarkan saudara-saudara, Papua dan Papua Barat lepas karena ditangani secara amatiran. Saya khawatir, mudah-mudahan tidak terjadi," ujar Amien Rais dalam acara seminar Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Dia meyakini ada efek domino jika Papua lepas dari Indonesia. "Nanti Aceh juga ingin, negara Pasundan juga ingin, negara Batavia dan Banten jadi satu. Kemudian Wassalam Warahmatullahi Wabarakatuh," ujarnya.

Amien mengingatkan bahwa di Papua ada tokoh bernama Filep Jacob Semuel Karma. "Kawin sama orang Jawa, punya dua orang anak. Ini sekarang pengaruhnya luar biasa, seperti tidak terdeteksi," ungkapnya.

Dia menilai Filep Karma seperti Nelson Mandela atau Mahatma Gandhi. "Martin Luther King Papua. Karena powernya sangat besar. Dia mengatakan pokoknya kami merdeka titik, tetapi nonviolence," ucapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7166 seconds (0.1#10.140)