80 Pelaku UKM Jawa Tengah Diajari Cara Berjualan Online

Jum'at, 18 Januari 2019 - 21:30 WIB
80 Pelaku UKM Jawa Tengah Diajari Cara Berjualan Online
Pelaku UKM se-Jateng mengikuti pelatihan Cara Berjualan Online di Kantor PT Jamkrida Jateng, Semarang, Jumat (18/1/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jawa Tengah bekerja sama dengan Kelompok Komunitas UKM Super Owner 17 menggelar pelatihan cara berjualan online bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Sebanyak 80 pelaku UKM di Jateng mengikuti kegiatan dengan melibatkan PD, BPR BKK Ungaran dan Gapura Digital Google sebagai Trainer.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, dalam perilaku jual-beli, khususnya pelaku UKM, yang pertama kali dinilai adalah penampilan personal. "Baru setelah itu, adalah penampilan dari barang dagangan. Karena dari tampilan personal lah customer akan tertarik terlebih dahulu," kata Ema Rachmawati, Jumat (18/1/2019).

Menurutnya, para pelaku UKM juga harus mengembangkan penjualan barang dagangannya keluar daerah atau ke kancah internasional.

Gapura Digital Google memberikan pelatihan cara berjualan Online dengan aplikasi Google Bisnisku. Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore dan Appstore. Melalui aplikasi tersebut diharapkan para pelaku UKM dapat melakukan proses transaksi jual-beli online dengan mempermudah. Selain itu, produk–produk lokal di Jawa Tengah dan sekitarnya juga lebih luas dikenal masyarakat dunia.

Direktur PT Jamkrida Jateng Adi Nugroho menjelaskan bahwa pelaku UKM yang memiliki potensi usaha dan feasible tapi belum bankable sering terkendala kekurangan agunan. "Sebab itu, PT Jamkrida Jateng bisa membantu akses permodalan pelaku UKM ke lembaga keuangan baik bank maupun nonbank," kata Adi. Dia berharap, Jamkrida Jateng bisa menjadi Rumah UKM untuk berkonsultasi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8186 seconds (0.1#10.140)