alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Begini Cerita 16 Kendaraan Terlibat Tabrakan di Purbaleunyi

Asep Supiandi, Agus Warsudi
Begini Cerita 16 Kendaraan Terlibat Tabrakan di Purbaleunyi
16 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Kilometer (km) 91400 jalur A arah Jakarta Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), Senin (2/9/2019) pukul 13.00 WIB. Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Kecelakaan mengerikan terjadi di Tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat pada Senin (2/9/2019). Sedikitnya 16 kendaraan terlibat dalam kecelakaan ini, enam tewas dan delapan luka-luka.

Salah seorang korban selamat dalam tabrakan beruntun di Suherman (33), menceritakan detik-detik kecelakaan tersebut. Menurut warga Kampung Kawidaran, Cikupa, Tangerang, Banten ini, ketika insiden terjadi dirinya pulang menengok anaknya di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya. Ketika itu dia bersama empat anggota keluarganya menggunakan Fortuner A 1535 JJ.

"Kendaraan saya tiba-tiba ditabrak dari belakang sesaat setelah mengerem karena di depan ada bus yang berhenti mendadak. Mobil saya langsung oleng dan menerobos jalur A. Untung saja tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Mobil saya baru berhenti pas di bibir jurang," ujar Suherman kepada SINDOnews.



Diberitakan sebelumnya, terjadi kecelakaan beruntun di Km 91 Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta, Senin (2/9/2019) kurang lebih pukul 13.00 WIB. Saat ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi masih menangani proses evakuasi korban dan kendaraan serta melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi kejadian.

Libatkan 16 Kendaraan, 6 Tewas dan 8 Luka

16 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Kilometer (km) 91+400 jalur A arah Jakarta Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), Senin (2/9/2019) pukul 13.00 WIB.

Akibat tabrakan itu, enam orang dikabarkan tewas, 8 orang luka-luka, dan enam kendaraan minibus serta truk terbakar. Selain itu, arus lalu lintas di Tol Purbaleunyi, terutama arus kendaraan dari arah Bandung ke Jakarta, padat merayap.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, kecelakaan itu berawal dari kendaraan pengangkut pasir atau dump truk berhenti mendadak. Akibatnya, bagian belakang truk ditabrak truk pengangkut sayuran dan kendaraan lain di belakangnya.

"Enam kendaraan terbakar. Sebanyak 14 orang menjadi korban, enam di antaranya meninggal dunia dan delapan luka-luka," kata Matrius kepada wartawan.

Kedelapan korban tersebut, ujar Matrius, telah dievakuasi ke tiga rumah sakit di Kabupaten Purwakarta. Yakni, RS MH Thamrin, RS Siloam, dan RSUD Bayu Asih.

Saat ini, petugas PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi dan petugas kepolisian masih menangani proses evakuasi korban dan bangkai kendaraan. Petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan yang terjadi sebagai dampak kecelakaan tersebut.



(nun)

loading...