alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Solo Optimis SPBU Pedaringan Beroperasi Tahun 2020

Ary Wahyu Wibowo
Pemkot Solo Optimis SPBU Pedaringan Beroperasi Tahun 2020
Lokasi pembangunan SPBU Pedaringan yang dilakukan Pemkot Solo. FOTO/IST

SOLO - Pemkot Solo optimis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pedaringan bakal beroperasi di awal tahun 2020. Pembangunan SPBU yang terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara Jebres, Solo, telah mulai digarap sejak 1 Juli lalu.

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Solo Chriswanto Tri Santoso mengatakan, pembangunan sudah mulai memasang rangka atap. Progres pembangunan sejauh ini telah mencapai 27% dari target 24%.

SPBU berdiri di atas lahan 2.700 meter persegi. Memiliki 4 pulau pompa dengan 4 dispenser pump dan masing-masing terdiri dari 6 nozzle. Tangki pendam 7 unit dengan kapasitas total 130 KL. “BBM yang akan dijual adalah Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Pertamax Turbo, dan Dexlite,” kata Chriswanto, Minggu (1/9/2019).



SPBU Pedaringan juga dilengkapi fasilitas penunjang, seperti toilet, mushola, kafe indoor dan outdoor, minimarket, ATM Center, gerai oli dan LPG serta pengisian nitrogen. “Masa pengerjaan 1 Juli-27 Desember 2019. Diperkirakan Januari 2020 SPBU sudah beroperasi,” terangnya.

Kendala yang dihadapi saat ini antara lain proses pemindahan tiang listrik, dan jaringan serta tiang telkom dan jaringannya. “Selain itu juga pemotongan pohon. Tapi dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) sudah memberikan informasi bahwa sudah ada izin,” tegasnya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mendorong aparatur sipil negara (ASN) nantinya untuk mengisi BBM di SPBU Pedaringan. Bahkan Walikota berharap kendaraan pribadi ASN dan anggota DPRD setempat juga diisi BBM di SPBU milik Pemkot Solo tersebut. Dengan demikian, Pemkot Solo diuntungkan dan nantinya bisa untuk keperluan pembangunan lainnya. “Untungnya khan bisa buat mengaspal jalan,” terangnya.



(nun)

loading...