alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pilkada 2020 di Blora, Perindo Berkoalisi dengan Golkar

Ahmad Antoni
Jelang Pilkada 2020 di Blora, Perindo Berkoalisi dengan Golkar
Perindo Blora memutuskan bergabung dengan Partai Golkar di DPRD dengan nama Fraksi Golkar Persatuan Indonesia. FOTO/IST

BLORA - Paska pelantikan 27 Agustus lalu, Partai Perindo dan beberapa partai politik (parpol) di DPRD Kabupaten Blora langsung menyusun strategi politik mencari kemudi koalisi fraksi di DPRD periode 2019-2024.

Perlu diketahui, Perindo sebagai partai pendatang baru mampu meraih satu kursi DPRD Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Blora menginginkan perubahan secara nyata dalam pembangunan di kabupaten yang kaya akan minyak bumi ini.

Partai Perindo telah melakukan komunikasi dengan beberapa Partai antara lain PKB, PPP, Demokrat dan Partai Golkar untuk saling menjajaki kesamaan visi dan misi dalam membangun Blora ke depan



Namun pada akhirnya, Perindo memilih bergabung dengan Partai Golkar yang memiliki kesamaan visi dan misi. Untuk nama fraksinya adalah ‘Fraksi Golkar Persatuan Indonesia’.

Sesuai perolehan kursi, Golkar sebenarnya bisa membentuk fraksi sendiri karena memiliki lima kursi. Namun demikian, Perindo memang harus bergabung atau melebur ke fraksi lain karena hanya memiliki satu kursi.

Ketua DPD Perindo Blora, Bambang Anto Wibowo mengatakan, koalisi fraksi ini sudah menyatakan sepakat untuk bergabung demi mengawal pembangunan dan kemajuan masyarakat yang ada di Blora.

"Terbentuknya fraksi ini untuk membangun Kabupaten Blora lebih maju dan sejahtera tidak dalam keadana yang stagnan,” kata Bambang Anto, Minggu (1/9/2019).

Dia menambahkan, dengan adanya fraksi poros baru ini diharapkan keberadaan anggota dewan bisa bermanfaat buat masyarakat luas. Termasuk untuk mengawal setiap kebijakan yang di ambil oleh eksekutif.

Koalisi ini juga diharapkan menjadi fraksi yang bisa solid dan kompak baik didalam gedung maupun diluar gedung DPRD Kabupaten Blora, terlebih menjelang Pilkada 2020."koalisi ini tidak berakhir di gedung dewan saja. Tetapi berlanjut hingga Pilkada Blora 2020, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Siswanto bahwa fraksi ini untuk perubahan Blora lebih baik, sejahtera, adil, dan makmur. “Visi Misi Perindo banyak kesamaan dengan Visi dan misi Partai Golkar, tujuan kesejahteraan bersama dapat terwujud dengan cara berkolaborasi bukan berkompetisi, dan akhirnya bermanfaat untuk masyarakat," tegas Siswanto.

“Kesejahteraan masyarakat menjadi hal utama untuk kita perjuangkan, dan kita juga tidak ingin mendengar keluhan tentang pelayanan kesehatan dan pembangunan jalan yang kurang memadai," tandasnya.

Politisi Golkar itu mengatakan, ada kedekatan antara partainya dengan Perindo. Selain itu juga terdapat kesamaan visi dan misi sehingga keduanya sepakat menjadi satu fraksi.

Sebelumnya, Siswanto menjelaskan, keinginan Perindo bergabung ke Fraksi Golkar sudah dibangun melalui komunikasi intens. Ia berharap ke depan koalisi dua parpol ini terus berjuang bersama di DPRD untuk aspirasi masyarakat.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya sudah sepakat menjalin komunikasi dengan Perindo untuk membentuk fraksi gabungan, namun tidak menutup kemungkinan ada partai politik lain yang akan bergabung dengan fraksi Golkar Persatuan Indonesia tersebut.

"Kami masih menunggu kepastian dulu dan belum bisa disampaikan kepada publik, namun pada prinsipnya fraksi Golkar Persatuan Indonesia masih membuka peluang bagi partai lain untuk membentuk fraksi gabungan," pungkasnya.



(nun)