alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UNY Wisuda 1573 Lulusan, Sarjana Baru Diminta Melek Unicorn

Priyo Setyawan
UNY Wisuda 1573 Lulusan, Sarjana Baru Diminta Melek Unicorn
Rektor UNY Sutrisno Wibowo mewisuda sarjana baru, di GOR UNY, Sabtu (31/8/2019). FOTO/IST

YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mewisuda 1573 lulusan di GOR UNY, Sabtu (31/8/2019). Jumlah tersebut terdiri dari program doktor (S3) 15 orang, porgram magister (S2) 257 orang, program sarjana (S1), 1128 orang dan program Diploma 3 (D3), 173 orang.

Rektor UNY Sutrisno Wibowo mengatakan, di era revolusi industri 4.0 dengan digitalisasi dan otomasi yang ditandai dengan disrupsi, di satu sisi memberikan kemudahan alam melakukan kegiatan namun di sisi lain juga mengambil alih peran atau menggeser berbagai lini di kehidupan, termasuk di bidang pendidikan.

Ini lantaran apa yang selama ini dilakukan konvensional digantikan oleh internet of thing, big data, artificial intelligence, robot, dan berbagai mesin canggih lainnya. Sehingga sebagai solusinya muncul society (masyarakat) 5.0.



”Masyarakat 5.0 mengandung nilai baru yang diciptakan melalui inovasi, yang akan menghilangkan kesenjangan regional, usia, jenis kelamin, dan bahasa, yang memungkinkan penyediaan produk dan layanan yang dirancang secara halus untuk beragam kebutuhan individu,” kata Sutirsno Wibowo dalam sambutannya.

Untuk itu para lulusan perguruan tinggi selain harus memiliki kecerdasan sosial untuk melakukan terobosan dalam dunia bisnis yang tren sekarang didasarkan atas kolaborasi ekonomi, Juga harus melek akan konstelasi unicorn di Indonesia maupun internasional. Yaitu dengan mengembangan penguasan teknologi (digital) dan bahasa asing, Termasuk dengan mempelajari konsep product service system, redistribution market, dan collaborative lifestyle.

“Karena itu, pendidikan harus mampu menjalankan kewajibannya, menyiapkan peserta didik agar cerdas menghadapi sharing economy era di dunia global,” paparnya
.
Staf Humas UNY Dedy Herdito menambahkan untuk sebaran 1.573 lulusan UNY periode Agustus 2019. Pada program pascasarja (PPs) ada 272 orang,
FIP 207 orang, FBS 204 orang, FMIPA 228 orang, FIS 120 orang, FT 239 orang, FIK 135 orang, dan FE 168 orang.



(nun)

loading...