Tebing Longsor, Dua Rumah Warga Kediran Semarang Terancam Roboh

Jum'at, 18 Januari 2019 - 17:28 WIB
Tebing Longsor, Dua Rumah Warga Kediran Semarang Terancam Roboh
Sejumlah warga Dusun Kediran, Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang membersihkan material bangunan yang roboh akibat tanah longsor. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Dua unit rumah di Dusun Kediran RT 06/RW 07, Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang terancam roboh setelah tebing setinggi sekitar 5 meter yang berada di belakang rumah longsor. Dua unit rumah tersebut milik Kasirin dan Ranti.

Kasirin menuturkan, tebing yang berada di belakang rumahnya longsor pada Minggu (13/1/2019) lalu. Jarak bangunan rumah dengan tebing yang losngsor hanya beberapa centimeter sehingga jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi longsor susulan.

"Tanah di belakang rumah konturnya gembur sehingga jika terjadi hujan deras rawan longsor. Kalau terjadi longsor susulan, rumah saya bisa roboh," katanya, Jumat (18/19/2019). (Baca juga: Tebing Setinggi 9 Meter Longsor, Warga Magelang Tewas Tertimbun)

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang segera turun tangan dan melakukan langkah penanganan guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Sebab Kasirin maupun Pemerintah Desa Tegaron tidak memiliki kemampuan dana untuk membangun talud.

"Kami berharap pemerintah bisa membangunkan talud agar tebing tersebut tidak longsor. Saya tidak memiliki biaya untuk membangun talud di belakang rumah. Sebab biaya yang dibutuhkan cukup besar," ujarnya.

Menurut dia, anggota keluarganya merasa kawatir untuk tinggal di rumah terlebih saat terjadi hujan deras. Karena itu, untuk sementara waktu mereka mengungsi ke rumah saudara. "Sementara saya dan keluarga mengungsi karena takut terjadi longsor susulan," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8283 seconds (0.1#10.140)