alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dosen UGM Buat Suplemen Untuk Anak Kekurangan Vitamin D

Priyo Setyawan
Dosen UGM Buat Suplemen Untuk Anak Kekurangan Vitamin D
Dosen UGM menunjukkan suplemen vitamin D OST-D. FOTO/Dok Humas UGM

SLEMAN - Dosen Fakultas Farmasi UGM Ronny Marten bersama dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof Madarina Julia berhasil membuat suplemen cair bagi anak yang kekurangan vitamin D yang diberinama OST-D. Selain tidak larut lemak, suplemen ini juga aman diberikan kepada semua usia, termasuk bayi prematur.

Ronny Marten menjelaskan meski sumber vitamin D terbaik bisa didapatkan dari sinar matahari. Namun dengan perubahan pola hidup menjadikan kesempatan anak mendapatkan paparan sinar matahari menjadi sangat terbatas.

Sementara vitamin D hampir tidak ada secara alamiah di dalam makanan yang biasa dikonsumsi, kecuali secara artifisial (tidak alami) ditambahkan. Sehingga untuk mengatasi kekurangan (defisiensi) dengan pemberian vitamin D. Namun, pada beberapa penyakit tertentu, vitamin D tidak bisa larut dalam lemak.



Hal inilah yang menyebabkan hingga sekarang defiseinsi vitamin D masih menjadi persolan anak-anak di Indonesia. Padahal kekurangan vitamin D selain dapat menghambat pertumbuhan, juga memicu penyakit tulang dan sejumlah penyakit tidak menular, seperti imunitas, penyakit genetik, persoalan hati dan ginjal.

“Berawal dari kondisi inilah kami berusaha membuat suplemen kesehatan vitamin D yang dapat digunakan untuk anak-anak penderita defisiensi vitamin D yakni OST-D yang larut air ini,” kata Ronny, Jumat
(30/8/2019).

Menurut Ronny karena diformulasikan dalam formula nanopartikel larut air dalam bentuk drop berkonsentrasi tinggi maka OST-D ini selain mudah diserap sistem pencernaan, termasuk bagi yang tidak mampu mencerna lemak dan pada anak dalam volume kecil. Juga diberikan kepada semua usia, bahklan kepada bayi prematur. “Formula OST-D juga tidak mengandung gula sehingga bisa diberikan kepada penderita diabetes mellitus,” paparnya.

Dalam pemberiannya dapat dicampurkan kesemua jenis makanan atau minuman, termasuk susu. Namun tanpa menghilangkan manfaat yang ada
di dalamnya. Karena volume yang kecil, rasa OST-D tidak akan terdeteksi didalam campuran makanan atau minuman. “Produk ini telah memperoleh NIE dari BPOM POM SD 191695921 dan siap untuk didistribusikan,” terangnya.



(nun)

loading...