Siswa Dibiasakan Baca Alquran Sebelum Pelajaran

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 14:00 WIB
Siswa Dibiasakan Baca Alquran Sebelum Pelajaran
Siswa di Kendal Dibiasakan Baca Alquran Sebelum Pelajaran. Ilustrasi
A A A
KENDAL - Siswa SMK Bina Utama Kendal mulai dibiasakan membaca Alquran setiap hari Jumat. SMK Bina Utama juga menjadi satu satunya sekolah nasional yang mengadakan pondok pesantren selama satu mingu untuk semua siswanya.

Kegiatan membaca Alquran ini dilakukan siswa-siswi SMK Bina Utama setiap hari Jumat sebelum jam pelajaran dimulai. Gagasan ini disampaikan oleh kepala sekolah SMK Bina Utama untuk menanamkan nilai agama lebih banyak. Meski bukan sekolah agama, namun pendidikan mental sangat diperhatikan khususnya agama Islam karena mayoritas siswanya muslim.

Gemblengan mental ini dilakukan agar para siswa selain sehat jasmani, akhlak dan budi pekerti bisa berimbang. Program pembiasaan baca Alquran sebenarnya sudah dilukan tahun sebelumnya, namun tahun ini mulai digalakkan dan mengadakan pondok pesantren khusus bagi seluruh siswa selama sepekan.

Kepala SMK Bina Utama berharap nantinya semua siswa memiliki karakter mental dan ahlak yang baik. Selama sepekan, siswa mengikuti pesantren dan tidak diperkenankan pulang. Semua kebutuhan makan dan tidur disediakan sekolah nantinya. "Metode pesantren ini dilakukan usai jam sekolah dilanjutkan dengan belajar agama dan mengkaji Alquran," Susandari, kepala SMK Bina Utama.

Sementara itu, pengawas SMK provinsi Jateng Sodiq Purwanto sangat mengapresiasi program di SMK Bina Utama. "Ini satu satunya dan yang pertama sekolah umum di Kendal yang menerapkan pembiasaan membaca Alquran dan pondok pesantren di sekolah," ujar Sodiq Purwanto.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8862 seconds (0.1#10.140)