Santap Siang dengan Botok Kelapa Khas Jawa, Lezat Luar Biasa

Jum'at, 18 Januari 2019 - 14:22 WIB
Santap Siang dengan Botok Kelapa Khas Jawa, Lezat Luar Biasa
Botok Kelapa merupakan salah satu makanan Jawa yang memiliki kelezatan dan cita rasa yang khas. Sayang, banyak tempat yang tidak lagi menyediakan menu ini. Namun, Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Banyak makanan tradisional yang lezat rasanya dan menggugah selera. Botok kelapa salah satunya. Menu khas Jawa ini tergolong sederhana dalam hal bahan baku dan bumbunya. Makanan ini terbuat dari ampas parutan kelapa yang sudah diperas santannya.

Selanjutnya, ampas kelapa dibumbui dengan cabai, garam, merica serta daun salam. Kemudian, ramuan botok dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus beberapa saat lamanya.

Nah, saat ini, botok hadir dengan beragam modifikasi, seperti botok dengan tambahan petai cina, udang atau tahu. Botok terasa nikmat disantap selagi hangat. Seperti dikutip melalui akun Instagram @masaktv, berikut resep membuat Botok Kelapa untuk santap siang.

Bahan-bahan:
200 g kelapa agak muda
20 g kacang kapri
25 g teri nasi
8 buah cabai rawit merah
8 lbr daun salam
Daun pisang

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
1 sdk teh garam
1 sdk teh gula pasir

Cara membuat:
Aduk rata kelapa parut, kacang kapri, teri nasi, dan bumbu halus. Ambil daun pisang. Letakkan selembar daun salam. Sendokkan campuran kelapa.

Beri satu buah cabai rawit merah atau sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Bungkus. Sematkan dengan lidi. Kukus 30 menit diatas api sedang sampai matang. Angkat. Sajikan selagi hangat. Botok Kelapa siap dihidangkan.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2376 seconds (0.1#10.140)