alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Presiden Jokowi: Lebaran, Bandara YIA Full Operation

kuntadi
Presiden Jokowi: Lebaran, Bandara YIA Full Operation
Presiden Jokowi: Lebaran, Bandara YIA Full Operasi. Foto/iNews/Kuntadi

KULONPROGO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY, akan selesai pada akhir tahun mendatang. Harapanya pada lebaran sudah full operation dan telah terkoneksi dengan akses kereta api.

“Akan diselesaikan pada bulan Desember. Dan pada Maret 2020 sudah terkoneksi kereta api,” jelas presiden Jokowi disela melakukan kunjungan ke YIA, Kamis (29/8/2019).

“Lebaran sudah full seratus persen, semuanya akan terkoneksi,” terang Jokowi.



Presiden juga mengapresiasi pembangunan di YIA yang sangat cepat. Bandara ini juga akan mampu untuk mendarat pesawat penumpang berbadan besar dan berat. Hal ini didukung dengan runway yang kualitasnya bagus dan padat.

Keberadaan bandara ini diharapkan mampu menjadi pintu masuk bagi wisatawan mancanegara. Nantinya akan ada penambahan slot yang besar untuk menarik turis dari luar negeri.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan pembangunan YIA ditargetkan selesai selama dua tahun. Namun mereka mampu menyelesaikan selama 17 bulan saja, yang diharapkan pada akhir tahun semuanya sudah selesai. “Pembangunannya paling cepat di Indonesia, mungkin juga di dunia,” jelasnya.



(mif)