Meninjau YIA, Presiden Jokowi: Ini Bandara Besar

Kamis, 29 Agustus 2019 - 13:10 WIB
Meninjau YIA, Presiden Jokowi: Ini Bandara Besar
Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembangunan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA). Foto/iNews/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembangunan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) yang ada di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Presiden datang didampingi ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri. Bandara ini ditargetkan sudah full operasi pada lebaran mendatang dan telah terintegrasikan dengan jalur kereta api.

“Ini bandara yang besar sekali, terminalnya (luas) total 219.000 meter persegi,” jelas presiden, disela melihat pembangunan YIA.

Presiden tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan langsung mendarat di YIA. Begitu turun, dari pesawat, presiden disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arif Yahya, beserta Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwo X. Ikut hadir Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menseskab Pramono Anung.

Menurut Jokowi, bandara ini akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara di Adisutjipto Yogyakarta, hanya 1,8 juta penumpang saja.

“Kalau dari 1,8 juta menjadi 20 juta itu kan lompatan besar. Berapa kali,”ujarnya.

Bandara ini akan diselesaikan pada bulan Desember mendatang dan dihubungkan dengan kereta api. Targetnya pada Maret 2020 sudah terhubung semuanya. Termasuk akan mengkoneksikan dengan kereta api dan jalan tol.

“Lebaran sudah full seratus persen, semuanya akan terkoneksi,” terang Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi pembangunan di YIA yang sangat cepat. Bandara ini juga akan mampu untuk mendaratkan pesawat penumpang berbadan besar dan berat. Hal ini didukung dengan runway yang kualitasnya bagus dan padat.

“Ini pembangunan airport yang cepat. Cepat sekali,” ujarya.

Keberadaan bandara ini diharapkan mampu menjadi pintu masuk bagi wistawan mancanegara. Nantinya akan ada penambahan slot yang besar untuk menarik turis dari luar negeri datang.

“Kalau ini sudah selesai, akan ada direct flight dalam penerbangan di sini. Di sini ada ruang yang besar,” terangnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1204 seconds (0.1#10.140)