Progres Pembangunan YIA Sudah 76,5 Persen, Full Operasional Mei 2020

Kamis, 29 Agustus 2019 - 10:00 WIB
Progres Pembangunan YIA Sudah 76,5 Persen, Full Operasional Mei 2020
Progres Pembangunan YIA Sudah 76,5 Persen, Full Operasional Mei 2020. Ilustrasi
A A A
KULONPROGO - Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi memastikan keberadaan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) akan selesai dibangun pada akhir tahun nanti. Paling lambat pada bulan Mei 2020 bandara yang terletak di Kabupaten Kulonprogo DIY ini sudah full beroperasi.

"Progres pembangunan bandara per hari ini sudah 76,5 persen," terangnya di sela penyambutan kedatangan Presiden Jokowi di Bandara YIA, Kamis (29/8/2019).

Pembangunan yang masuk dalam salah satu proyek strategis nasional ini akan selesai semuanya pada bulan Desember nanti. Sedangkan untuk full operasional akan dilakukan paling lambat bulan Mei. "Paling lambat full operation pada bulan Mei," terangnya.

Bandara YIA, imbuhnya, akan menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi di DIY. Termasuk menyelesaikan permasalahan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Dimana kapasitas di Adisutjipto hanya untuk 1,8 juta penumpang saja. Sedangkan penunpang di Adisutjipto per tahun sudah mencapai 8,4 penumpang.

Bandara YIA akan mendorong pertumbuhan ekonomi di DIY. Nantinya akan banyak penerbangan langsung dari luar negeri. Sementara pintu masuk selama ini dari Ngurah Rai, Bali dan Cengkareng, Jakarta.

"Saat ini sudah ada 14 flight dan mulai September nambah 14 lagi menjadi 28," terangnya.

Nantinya mulai awal tahun 2020 akan dilakukan pemindahan penerbangan dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Sedangkan penerbangan internasional diharapkan sudah bisa pada awal April atau Mei.

"Untuk penerbangan internasional harus mengikuti Hira (Hazard identification and Risk Assesment)," terangnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9630 seconds (0.1#10.140)