Presiden Hari ini Kunjungi YIA, Progres Pembangunan Sudah 74 Persen

Kamis, 29 Agustus 2019 - 08:30 WIB
Presiden Hari ini Kunjungi YIA, Progres Pembangunan Sudah 74 Persen
Presiden Hari ini Kunjungi YIA, Progres Pembangunan Sudah 74 Persen. Foto/iNews/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Presiden Joko Widodo hari ini direncanakan akan meninjau pembangunan bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) yang ada di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Saat ini pengamanan di areal bandara sangat ketat. Progres prmbangunan sudah 74 persen.

"Ini persiapan, untuk dipastikan aman," terang Dirut Pelayanan dan Pemasaran PT Angkasa Pura I, Devi Suradji, Kamis (29/8/2019).

Sesuai rencana presiden akan tiba menggunakan pesawat kepresidenan dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dan mendarat di YIA. Presiden dan rombongan akan turun langsung di bandara tanpa melewati garbarata. Namun langsung dilantai satu di areal terminal. Di tempat ini presiden akan menyaksikan maket dan progres bandara dari waktu ke waktu.

Selanjutnya presiden akan naik ke lantai dua terminal. Di sinilah presiden akan melihat kondiai terminal keberangkatan penumpang. Termasuk melihat gerai UMKM yang memajang dan menjual produk-produk UMKM yang ada di DIY.

Terakhir presiden akan melihat langaung progress pembangunan di lantai tiga. Di tempat ini pula, akan diberikan paparan mengenai progres awal pembangunan sampai saat ini menggunakan video. "Per hari ini progress pembangunan sudah 74 persen," terangnya.

Menurut Devi, pergerakan pesawat di bandara YIA sudah cukup bagus. Setidaknya sudah ada 10 penerbangan yang ada setiap hari dengan tujuan beberapa kota di Indonesia. "Ada permintaan lagi dari lima penerbangan Lions Air dan Garuda," terangnya.

Lima penerbangan yang dilirik ini adalah tujuan Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Batam, dan Palembang.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan saat ini maskapai tengah mengurus izin penerbangan. Begitu izin keluar akan langsung dibuka penerbangan ini. Saat ini setiap hari ada 1.800 penumpang di YIA. Okupansinya juga cukup bagus diatas 50 persen."Lima penerbangan itu baru, bukan pemindahan dari YIA," terang Agus Pandu.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7551 seconds (0.1#10.140)