Sleman Berikan Layanan Kesehatan dan Alat Bantu Bagi Disabilitas

Kamis, 29 Agustus 2019 - 08:00 WIB
Sleman Berikan Layanan Kesehatan dan Alat Bantu Bagi Disabilitas
Sleman Berikan Layanan Kesehatan dan Alat Bantu Bagi Disabilitas. ilustrasi
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan alat bantu bagi penyandang disabilitas di gedung Serbaguna Sleman, Selasa (27/8/2019). Selain bentuk dari jaminan kesehatan khusus (Jamkesus), kegiatan ini juga mememenuhi layanan kesehatan dasar dan meningkatkan kesejahteraan disabilitas. Sebanyak 252 penyandang disabitas di Sleman mengikuti kegiatan itu.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan disabilitas dengan keterbatasan akses, ekonomi dan sering kali mendapat stigma negatif di dalam masyarakat memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi. Maka pemkab Sleman memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi penyandang disabilitas. Diantaranya dengan memberikan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan sebagai aspek kehidupan penyandang disabilitas.

Untuk itu berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi para difabel dalam mengakses layanan kesehatan khusus terpadu dan semua petugas dapat memberikan pelayanan maksimal.

“Ke depan, saya berharap akan semakin banyak disabilitas yang mendapatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya,” kata Muslimatun di sela-sela acara itu.

Pelayanan Jamkesus Terpadu Penyandang Disabilitas memadukan unsur-unsur pelayanan spesifik dari mobilisasi, assesment sosial, penjaminan, layanan dasar, layanan spesialistik, penyediaan alat bantu, assesment rehabilitasi sosial, pendataan dalam satu pelayanan prima. Termasuk untuk mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat. Sehingga, para penyandang disabilitas tidak terbebani jarak, waktu maupun biaya, yang membuatnya lebih efisien dan efektif.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sleman Sukamto menambahkan kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mendata jumlah disabilitas di Sleman sehingga mereka bisa mendapatkan program Jamkesra DIY. Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 3.5/Kep.KDH/A/2019, peserta Jamkesus Sleman mencapai 9.103 jiwa penyandang disabilitas.

"Jumlah ini cukup banyak dan tersebar di setiap kecamatan dengan berbagai jenis disabilitas. Karena itu kita mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Apalagi disabilitas mendapatkan pelayanan yang baik,” tambahnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9226 seconds (0.1#10.140)