Soal Irit Bicara saat Debat Perdana, Ini Alasan KH Maruf Amin

Jum'at, 18 Januari 2019 - 13:19 WIB
Soal Irit Bicara saat Debat Perdana, Ini Alasan KH Maruf Amin
Cawapres nomor urut 01, KH Maruf Amin akhirnya buka suara soal dirinya yang memilih tidak banyak bicara saat debat kandidat perdana. Foto/Rakhmatulloh/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam debat capres-cawapres tadi malam, KH Maruf Amin memilih tidak banyak bicara. Cawapres nomor urut 01 tersebut hanya menambahi sedikit jawaban-jawaban pasangannya, Joko Widodo.

Menurut KH Maruf, debat semalam memang lebih dominan kepada presiden. Abah sapaan akrabnya hanya menambahkan saja jika dirasa perlu.

"Karena dia presiden. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara, hal hal yang perlu saya tambahkan saja," ujar KH Maruf di Kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Kiai Maruf menganggap, jika sudah banyak dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), maka dirinya hanya tinggal menyetujui. "Jangan seperti orang balapan ngomong, kaya saur manuk," ucapnya.

Selain itu, mantan Rais Aam PBNU itu berdalih kenapa dirinya memilih sedikit bicara karena kebijakan Jokowi yang banyak dikritik Capres Prabowo Subianto. Sehingga, Jokowi yang memiliki pengalaman dan paham persoalan, yang lebih dominan menjawab.

Kendati begitu, Kiai Maruf mengaku tetap berbicara jika hal tersebut menyangkut isu terorisme yang memang sejak awal dikhususkan kepada dirinya.

"Walaupun saya ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas, juga soal reformasi hukum dengan penataan regulasi," pungkasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4526 seconds (0.1#10.140)