BMKG: Waspadai Hujan Badai di Musim Pancaroba

Rabu, 28 Agustus 2019 - 14:30 WIB
BMKG: Waspadai Hujan Badai di Musim Pancaroba
BMKG: Waspadai Hujan Badai di Musim Pancaroba. Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Masyarakat Jawa Tengah diimbau untuk lebih waspada akan terjadinya hujan badai di musim pancaroba. Imbauan tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah karena musim penghujan diprediksi bakal jatuh pada November 2019.

Namun demikian, musim hujan di beberapa wilayah Pantura baru akan dimulai pada Desember 2019. “Sebab itu, sebelum memasuki musim hujan, kami mengimbau pada masyarakat untuk waspada terhadap musim peralihan atau pancaroba,” kata Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko, Rabu (28/8/2019).

Dia menerangkan bahwa saat memasuki musim pancaroba biasanya akan terjadi badai. Hujan serta angin bahkan petir akan menjadi pertanda pergantian musim telah tiba.

“Biasanya hujan lokal intensitas tinggi akan terjadi dalam waktu singkat. Sekitar setengah hingga satu jam saja,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selain itu ada kemungkinan munculnya angin puting beliung dan hujan es selama peralihan musim. Pihaknya meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri sebagai antisipatif sebelum datangnya peralihan musim.

“Langkah antisipasi itu bisa melakukan pembersihan terhadap saluran air atau selokan. Karena selama musim kemarau, selokan-selokan biasanya terabaikan dan banyak sampah. Sehingga saat hujan tiba tak menyumbat saluran air,” ujarnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3382 seconds (0.1#10.140)