Hasil Riset, Google Assitant Lebih Cerdas Dibanding Siri dan Alex

Rabu, 28 Agustus 2019 - 07:30 WIB
Hasil Riset, Google Assitant Lebih Cerdas Dibanding Siri dan Alex
Hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Loup Ventures. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Hasil riset terbaru yang dilakukan oleh Loup Ventures, mengungkap tentang kinerja dan efisiensi virtual populer seperti Alexa, Siri dan Google Assistant.

Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan ketiga asisten digital masing-masing 800 pertanyaan. Dari ratusan pertanyaan yang diajukan, Google Assistant 93% berhasil menjawab dengan benar. Sementara Siri besutan Apple menjawab benar 83% dan Alexa milik Amazon 80%.

Dilansir dari laman Beebom, Selasa (27/8/2019), hasil tes kali ini meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana Google Assistant hanya bisa menjawab benar 86%, Siri 79% dan Alexa 61%.

Sistem penilaian pada penelitian ini didasarkan pada dua metrik utama. Metrik pertama sebaik apa layanan asisten digital suara dapat memahami pertanyaan. Dan metrik kedua soal bagaimana respons yang diberikan oleh asisten digital, apakah benar dan memuaskan.

Ada lima kategori topik pertanyaan yang diajukan diantaranya Local, Commerce, Navigation, Information, and Command.

Kategori lokal melibatkan pertanyaan seperti lokasi terdekat. Perdagangan soal memesan produk, Navigasi tentang rute perjalanan, Informasi berisi pertanyaan umum dan terakhir Command atau Komando yakni perintah sehari-hari yang biasanya ditanyakan, seperti mengatur jam alarm.

Seperti dalam bagan, Google Assistant menduduki peringkat teratas kategori Local. Hal ini karena Google Assistant didukung dengan ekosistem yang terintegrasi seperti Google Search dan Google Maps.

Secara keseluruan, Google Assistant mendominasi semua kategori, sedangkan Siri dan Alexa masih saling bersaing dengan kemampuan masing-masing.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5137 seconds (0.1#10.140)