Buku Besar Sejarah Indonesia Sepanjang 11,73 Meter Dipamerkan di Solo

Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:00 WIB
Buku Besar Sejarah Indonesia Sepanjang 11,73 Meter Dipamerkan di Solo
Buku besar sejarah Indonesia sepanjang 11,73 meter dipamerkan di Rumah Budaya, Kratonan, Solo, Selasa (27/8/2019). Foto/SINDOnewsAry Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Buku besar sejarah Indonesia sepanjang 11,73 meter dipamerkan di Rumah Budaya, Kratonan, Solo, Selasa (27/8/2019). Buku disusun oleh para alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1973 yang tergabung dalam Fortuga ITB.

Buku yang diproduksi secara swadaya, berisi tentang perjalanan Bangsa Indonesia. Sejarah dimulai terbentuknya bumi hingga masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Buku mengisahkan sejarah Indonesia dari masa ke masa, serta sejarah dunia.

“Dikaitkan dengan sejarah dunia, di Indonesia saat bersamaan terjadi apa,” kata Sapta Putrayadi, manajer proyek pembuatan buku di sela sela pameran di Solo, Selasa (27/8/2019).

Meski memiliki panjang 11,73 meter, namun buku dapat dilipat-lipat, sebagaimana buku pada umumnya. Dalam kondisi tertutup, buku yang memiliki 74 halaman memiliki panjang 45 cm dan lebar 31 cm. Buku juga berisi ensiklopedi Indonesia. Diantaranya pahlawan pahlawan nasional hingga flora dan fauna Indonesia.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) telah mencatat buku itu sebagai buku terpanjang. Cetakan pertama, buku diproduksi 1.000 eksemplar yang masing masing dihargai Rp750 ribu. Hasil penjualan akan digunakan untuk memproduksi buku kembali dengan harga jual yang lebih murah.

Rencananya ke depan, penjualan akan diarahkan untuk kepentingan pendidikan. “Kami berharap bisa dipakai di setiap sekolah, sehingga anak anak dapat belajar sejarah dengan praktis,” tandasnya.

Fasilitator kegiatan pameran, Nina Akbar Tanjung menegaskan bahwa sejarah harus diingat oleh semua generasi. Sebab sejarah itu merupakan data sebuah peristiwa. “Anak anak harus mengerti. Sejarah itu memahami masa lalu untuk masa depan,” ucap Nina.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8195 seconds (0.1#10.140)