Survei Menyebutkan 55% Orang Pakai Smartphone Selama 3-5 Tahun

Selasa, 27 Agustus 2019 - 09:00 WIB
Survei Menyebutkan 55% Orang Pakai Smartphone Selama 3-5 Tahun
Survei Menyebutkan 55% Orang Pakai Smartphone Selama 3-5 Tahun
A A A
JAKARTA - Sebagaimana diketahui, industri seluler beberapa tahun terakhir stagnan, bahkan cenderung menurun. Berdasarkan hasil survei, salah satunya alasannya adalah karena lamanya konsumen menggunakan perangkat.

Dalam beberapa tahun terakhir smartphone memang telah menjadi objek utama dalam kehidupan manusia. Hal ini bisa juga dikarenakan meningkatnya insiden yang melibatkan perangkat.

Bahkan dalam survei terbaru yang dilaporkan oleh peneliti Ting, pencarian model smartphone terbaru menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menurut mereka, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, konsumen tak lagi mengubah smartphone mereka setiap dua tahun.

Faktanya, 47% dari 3.000 pengguna yang diwawancarai mengatakan, mereka memiliki smartphone terakhir untuk periode mulai dari 3-5 tahun. Persentase ini meningkat menjadi 55% jika mempertimbangkan pengguna yang menjaga perangkat mereka selama lebih dari 5 tahun.

Dilansir dari laman Giz China, data menyatakan ada 10% yang tertarik pada perubahan smartphone karena keinginan untuk model baru. Sementara 73% lainnya tidak mau mengganti smartphone.

Sedangkan 32% pengguna pada kenyataannya mengubah perangkat hanya ketika tidak lagi memberikan kinerja yang sama. Dan 23% baru memutuskan mengganti handset jika rusak atau hilang, sedangkan 18% mengubahnya ketika menjadi usang.

“Setelah bertahun-tahun orang ditekan untuk meningkatkan diri ke telepon baru. Ketika ponsel lama mereka berfungsi dengan sempurna. Sangat membesarkan hati melihat bahwa begitu banyak responden survei kami yang lebih lama menggunakan perangkat mereka," kata Andrew Moor-Crispin, direktur area konten di Ting Mobile.

“Data dari survei kami menunjukkan bahwa orang lebih sadar tentang hal-hal seperti harga dan fungsionalitas telepon dasar. Mereka tidak terlalu peduli tentang memiliki teknologi terbaru, paling keren. Sesuatu yang mungkin bukan berita bagus untuk pabrikan besar tahun ini,” ucapnya
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6433 seconds (0.1#10.140)