Merpati Putih Gelar MP Open 2019 Memperebutkan Piala Panglima TNI

Jum'at, 18 Januari 2019 - 09:45 WIB
Merpati Putih Gelar MP Open 2019 Memperebutkan Piala Panglima TNI
PPS Betako Merpati Putih akan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 memperebutkan Piala Panglima TNI pada 28 Februari hingga 2 Maret 2019. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih akan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 memperebutkan Piala Panglima TNI pada 28 Februari hingga 2 Maret 2019. Dalam acara yang akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur juga dilakukan Pemecahan REKOR MURI peragaan Jurus Tunggal dengan melibatkan 2.000 pesilat.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MP Open 2019, Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, penyelenggara kegiataan Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 adalah PPS Betako Merpati Putih Pengurus Daerah Jawa Barat bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Korps Lembaga Wasit Juri DKI Jakarta.

"Bentuk kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open adalah Kejuaraan Nasional Pencak Silat dengan sistim pertandingan Prestasi dan Pemassalan. Selain itu juga diadakan Pencatatan Rekor MURI untuk peragaan Jurus Tunggal Tangan Kosong yang diikuti 2.000 pesilat. Termasuk diadakan Seminar Parenting dengan tema Pendidikan Anak melalui Olahraga akan membentuk manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudi luhur," kata Abdul Kharis Almasyhari yang juga Ketua Komisi I DPR RI ini kepada awak media saat Launching MP Open di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, kejuaraan MP Open digelar untuk melestarikan pencak silat sebagai budaya bangsa, mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antarperguruan pencak silat. Juga menjaring pesilat potensial, berbakat dan berprestasi untuk mewakili Indonesia dipertandingan-pertandingan skala Nasional maupun internasional. Serta sebagai sarana evaluasi para pembina dan pelatih menjadi lebih baik.

Ketua Pelaksana MP Open 2019 Yuwono Darpito menambahkan, even dengan tema "Kejuaraan antar Perguruan Pencak Silat Nasional Merpati Putih Open 2019 dalam rangka mewujudkan semangat Paseduluran, Saling Hormat dan Mental Juara" ini adalah persembahan Merpati Putih Pengda Jabar untuk insan Pencak Silat Dunia.

Yuwono menerangkan, kompetisi akan dibagi menjadi dua yaitu Pemasalan dan Prestasi. Untuk Pemasalan terbagi menjadi Pertama, Kategori Tanding yang akan diikuti dari tingkat SD dan SMP. Kedua, Katagori Jurus Tunggal Tangan Kosong.

"Kategori Tanding pembagian kelasnya akan diklasifikasikan dan disesuaikan dengan data yang ada dari surat keterangan dokter dan formulir pendaftaran. Sementara Jurus Tunggal Tangan Kosong, pengelompokan maksimal 3 bagan untuk SD dan SMP dengan kuota 100 peserta," kata Mas Yuwono.

Sedangkan untuk Prestasi akan memakai sistem gugur dengan usia 17–27 tahun kelahiran 2002 –1992 serta menggunakan sistem bagan dari Penyisihan, Perempat Final, Semi Final dan Final.

"Khusus untuk Prestasi, Piala Bergilir Panglima TNI akan diberikan kepada Juara umum I selain Piala Tetap Kepala Staf TNI AD. Untuk Juara Umum II dan III akan diberikan Piala Tetap. Sementara bagi Pesilat terbaik Putra akan diberikan Piala Tetap Kepala Staf TNI AU dan bagi Pesilat Terbaik Putri akan diberikan Piala Tetap Kepala Staf TNI AL," kata Yuwono.

Kejuaraan ini memperebutkan total uang pembinaan total Rp50 juta bagi para juara. Penentuan penerima uang pembinaan akan diperhitungkan dari jumlah medali terbanyak setiap kontingen.

"Panitia MP Open juga memasukan unsur edukasi dalam ajang ini dengan menggelar seminar parenting oleh psikolog, ahli olahraga dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan sasaran peserta adalah orang tua, guru dan pelatih. Sedangkan unsur entertainment dengan menggelar marching band, reog Ponorogo, sisingaan, silat bercerita, live music oleh Grup Band di samping pencatatan Rekor MURI atas peragaan jurus tunggal oleh seluruh peserta MP Open," papar Yuwono.

Pewaris PPS Betako Merpati Putih Amos Priono Tri Nugroho mengaku bangga dan sangat antusias mendukung terlaksananya Merpati Putih Open 2019. "Suksesnya kegiatan ini sebagai perwujudan sumbangsih pembinaan atlit pencak silat yang terarah terukur dan berkesinambungan oleh PPS Betako Merpati Putih," kata Mas Amos sapaan akrab Amos Priono Tri Nugroho ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9625 seconds (0.1#10.140)