Menhub Minta KAI Siapkan Pola Transportasi Tugu-Bandara YIA

Minggu, 25 Agustus 2019 - 21:31 WIB
Menhub Minta KAI Siapkan Pola Transportasi Tugu-Bandara YIA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO/iNews.TV/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan penataan jalur kereta agar terhubung ke Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakata Iternational Airport/YIA). Nantinya jalur kereta bandara akan mengaktifkan Stasiun Kedundang yang saat ini sudah tidak dioperasionalkan.

“Nanti aka nada jalur ke YIA, ada persimpangan di sini,” jelas Menhub saat mengecek jalur kereta di Stasiun Kedundang, Kulonprogo, Minggu (25/8/2019).

Skenarionya, kata Menhub sampai dengan akhir 2020 menggunakan jalur yang sudah ada. Dari Yogyakarta sudah ada dua kereta api bandara yang akan berhenti di Stasiun Wojo dengan waktu tempuh 40 Menit. Selanjutnya dari Wojo ke Bandara ada sutle bus dengan waktu tempuh 10 menit.

Kedepan dengan adanya jalur kereta ke bandara, akan ada kereta api yang bolak-balik dari Tugu ke YIA. Kereta api eksisting juga akan diintegrasikan agar moda kereta api lebih efektif. “Selasa atau Rabu kita minta (KAI) segera dilaporkan rencananya,” jelasnya.

Bandara YIA, juga akan didorong untuk melayani penerbangan ke luar Jawa. Kementerian akan mendorong maskapai untuk segera memindah jalur dari Adisutjipto. Rencananya pada bulan Oktober nanti ada 66 penerbangan yang dipindah. “Target kita tahun depan, saat Lebaran sudah pindah disini,” jelasnya.

Untuk jalur kereta api dari Kedundang–YIA, saat ini sedang proses pelelangan. Prinsip jalur ini menggunakan elevated dengan ketinggia tiga smapai enam meter. Sehingga jalur yang ada di bawahnya tetap bisa dipakai untuk kendaraan roda empat.

“Potensi bandara ini nantinya harus dibagi sama dnegan Adisutjipto. Kalau sekarang disana ada 6,5 juta penumpang besok haru sama-sama lima juta,” terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0492 seconds (0.1#10.140)