Kunjungi YIA, Menhub Sebut Pembangunan Sudah 70%

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:31 WIB
Kunjungi YIA, Menhub Sebut Pembangunan Sudah 70%
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO/iNews.TV/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengunjungi Bandara Internasional Yogyakarta yang ada di Kabupaten Kulonprogo, DIY, untuk melihat progress pembangunan. Bandara ini ditargetkan selesai dan full operation pada awal tahun depan.

"Progressnya sudah cukup bagus. Sekitar 60 sampai 70%," jelas Menhub usai melakukan pengecekan di YIA, Minggu (25/8/2019).

Menurut Menhub penerbangan melalui YIA, saat ini sudah ada sekitar 14 penerbangan baik yang melakukan landing maupun takeoff. Kedepan penerbangan dari YIA harus ditingkatkan, khususnya untuk penerbangan jarak jauh ke luar Pulau Jawa. “Nanti ada beberapa penerbangan dipindah kesini (dari Adisutjipto),”jelas Menhub.

Bandara YIA, kedepan akan dilengkapi dengan akses kereta api. Saat ini proses pengadaan lahan akan segera dilakukan. Targetnya pada akhir 2020 badara ini sudah terintegrasi dengan jalur kereta api. Sehingga akses masyarakat akan lebih mudah. Sebab saat ini kereta api baru sampai di Stasiun Wojo dan harus pindah menggunakan sutle bus.

Akses kereta api, dipilih untuk mengoptimalkan perjalanan penumpang. Dari Yogyakarta sampai ke YIA, dibutuhkan waktu 35 menit. Sedangkan jika menggunakan bus atau kendaraan pribadi akan membutuhkan waktu lebih lama dari satu jam.

“Kita akan optimalkan nanti melalui Stasiun Kedundang. Nanti akan cek kesana," terangnya.

Begitu nanti terhubung dengan bandara, harus ada penambahan kereta menuju bandara. Minimal setiap setengah jam harus ada kerata api bandara.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5683 seconds (0.1#10.140)