alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kawasan Seputar Pintu Tol Dilirik Menjadi Pusat Ekonomi Baru

Ary Wahyu Wibowo
Kawasan Seputar Pintu Tol Dilirik Menjadi Pusat Ekonomi Baru
Suasana di exit tol Colomadu, Karanganyar. Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Para pengusaha membidik daerah daerah di seputar gerbang Jalan tol Trans Jawa di sekitar Solo. Daerah daerah itu diharapkan bisa menjadi kawasan ekonomi baru dan tidak hanya terpusat di Kota Solo.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo Gareng S Haryanto mengungkapkan, para pengusaha telah memikirkan agar di kawasan luar pintu terdapat usaha usaha baru yang bisa tumpuh. Mulai dari food court, hotel, SPBU dan aktivitas ekonomi laginya. “Sehingga, dapat menyebar dan tidak hanya menumpuk di pusat kota,” kata Gareng S Haryanto, Minggu (25/8/2019)

Kawasan yang dibidik antara lain di seputar pintu Tol Selokaton, Pintu tol Klodran, pintu Tol Ngasem, dan lokasi lainnya. Bahkan ada ide untuk membuat lapangan golf di Kalijambe Sragen.



Lokasi itu juga dekat dengan situs purbakala Sangiran. Properti, dan pusat permainan anak anak rencananya juga akan dibuat. Pihaknya belum dapat memastikan kapan rencana itu dapat direalisasi. Kadin Solo akan membahas bersama anggotanya guna mematangkan rencana itu. Dengan beroperasinya Jalan Tol Trans Jawa, Kota Solo kini semakin banyak dikunjungi masyarakat luar kota. Ikon ikon di Solo, seperti kuliner menjadi magnet daya tarik.

Akses transportasi umum yang semakin beragam menuju Kota Solo sangat mendukung tumbuhnya pusat ekonomi baru. Dengan dibangunnya kereta bandara, dan skybridge maka moda transportasi kereta api, pesawat udara, dan bus di terminal menjadi terkoneksi



(nun)

loading...