alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Cara Bikin Sambal Tempe Ulek Nikmat

Tedy Ahmad
Begini Cara Bikin Sambal Tempe Ulek Nikmat
Sambal Tempe Ulek bisa menjadi penyempurna bersantap hari ini. Apalag jika dinikmati dengan nasi hangat. Bisa bikin makan lahap. Berikut cara membuatnya. Foto/Instagram.

JAKARTA - Siapa yang tak kenal sambal. Sambal menjadi salah satu bahan pelengkan makanan yang bisa membuat bersantap semakin berselera. Sambal juga memiliki beragam jenis. Jika pecinta kuliner ingin menikmati sensasi sambal yang berbeda dari biasanya, buat saja Sambal Tempe Ulek.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
250 g tempe, potong serasi
500 ml minyak goreng



Bahan 2: (bumbu marinasi)
½ sdt garam
1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2½ sdm air

Bahan 3:
3 siung bawang putih
1 sdt garam
25 cabe rawit merah gandot
3 sdm minyak kelapa panas
½ sdm kecap ikan

Bahan 4:
kemangi diambil daunnya, secukupnya
lamtoro/petai cina, secukupnya

Cara membuat:
Panaskan minyak goreng, goreng langsung tempe (tanpa dibumbui dahulu). Larutkan semua bahan 2 (bumbu marinasi) dalam satu wadah. Masukkan setengah bumbu marinasi, sesaat sebelum dibalik. Tunggu hingga minyak bening kembali.

Balik tempe, masukkan semua sisa bumbu marinasi, sesaat sebelum diangkat. Tunggu hingga minyak bening kembali, kemudian angkat dan tiriskan. Panaskan 3 sdm minyak kelapa. Ulek bawang putih dan garam hingga halus. Masukkan cabe rawit merah, ulek hingga cabe tidak terlampau halus.

Tambahkan kecap ikan, ulek kembali hingga rata dengan sambal. Siram dengan minyak kelapa panas, aduk hingga rata dan ulek kembali hingga cabe mengembang. Masukkan daun kemangi, ulek sesaat hingga aroma harum daun kemanginya keluar. Masukkan tempe yang sudah digoreng, ulek hingga tempe hancur dan tercampur rata dengan sambal. Tambahkan petai cina, aduk rata dengan sendok. Taburi daun kemangi dan petai cina di atasnya. Sajikan dengan nasi panas!



(nun)

loading...