alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Militer Iran Sukses Uji Coba Rudal Baru

Berlianto
Militer Iran Sukses Uji Coba Rudal Baru
Iran mengklaim telah berhasil melakukan uji coba rudal baru. Foto/Ilustrasi

TEHERAN - Militer Iran sukses melakukan uji coba rudal baru. Uji coba itu dilakukan di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) dan ketidak jelasan masa depan kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia.

Jenderal Hossein Salami mengatakan tentang uji coba itu kepada sekelompok ulama Iran. Ia menyebutnya sebagai salah satu hari kesuksesan bangsa, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang senjata atau uji coba itu sendiri seperti dilaporkan kantor berita Iran yang dekat dengan IRGC, Tasnim, yang disitir oleh AP, Sabtu (24/8/2019).

Pada hari Kamis, Presiden Iran Hassan Rouhani secara resmi meluncurkan sistem rudal pertahanan udara buatan Iran Bavar-373. Untuk diketahui, sejak 1992, Iran telah mengembangkan industri pertahanan dalam negeri.



Ketegangan antara AS dan Iran terjadi setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 atas kekhawatiran tentang program rudal Iran dan pengaruh regionalnya. Pemerintahan Trump berpendapat perjanjian itu tidak cukup untuk membatasi program rudal balistik Iran. AS kemudian menjatuhkan sanksi terhadap Iran.



(nun)

loading...