Cegah Kebakaran Hutan, Ini yang Dilakukan BPBD Temanggung

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 15:00 WIB
Cegah Kebakaran Hutan, Ini yang Dilakukan BPBD Temanggung
BPBD Kabupaten Temanggung gelar apel kegiatan antisipasi kebakaran hutan di Gunung Sumbing. Foto/ilustrasi
A A A
TEMANGGUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kabupaten Temanggung menyiapkan skema dan melakukan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan Gunung Sumbing dan hutan rakyat.

Adapun langkah yang telah dilakukan antara lain berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dan edukasi kepada masyarakat mengenai langkah antisipasi dan bahaya kebakaran hutan.

Selain itu, BPBD juga membentuk posko gabungan di tiga tempat. Posko utama didirikan di Desa Kledung, Kecamatan Kledung dan dua poslap yang didirikan di Desa Banaran, Kecamatan Tembarak dan Desa Bansari, Kecamatan Bansari.

“Kami juga melakukan pemantauan jalur pendakian Gunung Sumbing dan jalur petani. Dan kebutuhan peralatan dan logistik serta koordinasi penegakan hukum oleh instansi terkait,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi, Jumat (23/8/2019).

Gito mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan dalam upaya pelestarian hutan dan pencegahan kebakaran.

“Kami minta masyarakat yang berada di sekitar hutan untuk tidak tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran saat berada di kawasan hutan. Warga juga diminta untuk ikut menjaga kelestarian hutan serta mengingatkan para pendaki yang tidak mentaati aturan pendakian,” tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7725 seconds (0.1#10.140)