Menpar: Wisman ke Papua Normal, Tak Terpengaruh Demo

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 11:30 WIB
Menpar: Wisman ke Papua Normal, Tak Terpengaruh Demo
Menpar: Wisman ke Papua Normal, Tak Terpengaruh Demo. Ilustrasi
A A A
KULONPROGO - Menteri Pariwisata, Arif Yahya memastikan kondisi pariwisata di Indonesia tetap tetap tumbuh. Aksi demo Papua dan kericuhan di bebrapa daerah tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisata. Bahkan kunjungan wisatawan ke Raja Ampat yang merupakan destinasi andalan tetap tinggi.

"Tidak ada masalah, semuanya aman," jelasnya saat melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY, Jumat (23/8/2019).

Kedatangan Menpar ini, dalam rangkaian kunjungan kerja untuk optimalisaai kunjungan wisata di DIY dan Jawa tengah. Menurut Menpar, selama ini wisata di Papua Barat kebanyakan datang untuk melihat keindahan alam di Raja Ampat.

Saat ini kondisi disana cukup aman dan terkendali. Bahkan destinasi andalan di Papua ini sama sekali tidak terpengaruh aksi demo dan kericuhan. Susana masih cukup kondusif.

"Sampai siang ini belum ada travel agen yang cancel. Jadi di sana cukup aman," terang Menteri Pariwiaata.

Dari evaluasi kunjungan wisata di 2018, target devisa dari sektor wisata sudah tercapai. Dari target 17 miliar dolar mampu terealisasi hingga sekitar 19,3 miliar dolar. Sedangan tahun ini targetnya akan dinaikkan menjadi 20 miliar dolar dengan kunjungan wisata mencapai 18 juta orang.

"Kami yakin target akan tercapai karena realisasi di 2018 sudah sekitar 90 persen," jelasnya.

Sementara itu Direktur PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan selama ini wisatawan yang masuk di DIY terkendala kapasitas bandara di Adisutjipto yang terbatas. Namun dengan adanya bandara YIA, dipastikan kapasitasnya akan lebih banyak. Tidak hanya itu, pesawat berbadan besar dan terberatpun bisa mendarat.

“Beberapa maskapai sudah tertarik, termasuk beberapa carter flight,”jelas Faik.

Beberapa negara yang tertarik untuk dibidik adalah Australia, Malaysia dan China. Dengan kondisi bandara yang semakin representatif, diharapkan mampu untuk mewujudkan target 20 juta penumpang. Apalagi dengan banyak kegiatan promosi di luar negeri.

“Penerbangan langsung bisa membawa 400 penumpang langsung. Kita juga berikan free parking fee untuk 6 bulan pertama dan diskon 50 persen setelahnya,” jelasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8566 seconds (0.1#10.140)