alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jokowi Bantah Prabowo, Akar Korupsi Bukan Gaji ASN Rendah

Raka Dwi Novianto
Jokowi Bantah Prabowo, Akar Korupsi Bukan Gaji ASN Rendah
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi dan KH Maruf Amin saat debat Capres-Cawapres di Hotel Bidakara, pancoran, Jakarta. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menanggapi Prabowo Subianto yang menyebut akar permasalahan dari korupsi pada perangkat negara karena kurangnya pedapatan atau gaji.

Menurut Jokowi, gaji ASN maupun PNS sudah dirasa cukup dengan tambahan tunjangan kinerja yang sudah besar. Baginya yang terpenting perampingan birokrasi.

"Yang penting kalau saya sekarang adalah perampingan birokrasi kemudian ada merit system recruitment putra-putri terbaik melalui sistem mutasi dan promosi sesuai dengan potensi sesuai dengan integritas sesuai dengan prestasi sesuai dengan rekam jejak," ujar Jokowi dalam debat kandidat capres-cawapres, di Hotek Bidakara, Kamis (17/1/2019).



Selain itu, kata Jokowi, dibutuhkan pengawasan internal yang kuat dan juga pengawasan eksternal yang baik dari masyarakat. "Baik dari media penting baik dan Komisi ASN penting sekali pengawasan internal bagi untuk birokrasi yang bersih," tuturnya.



(AMM)