KDI 2019 Diharapkan Memotivasi Kepala Daerah

Kamis, 22 Agustus 2019 - 23:31 WIB
KDI 2019 Diharapkan Memotivasi Kepala Daerah
Koran SINDO dan SINDOnews.com kembali menggelar KDI 2019 yang dilaksanakan pada Kamis (22/8) di Padang, Sumbar. Bertema Inovasi Untuk Indonesia Unggul, KDI 2019 memberikan penghargaan kepada 27 Kepala Daerah. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
PADANG - Sebanyak 27 Kepala Daerah menerima penghargaan dalam acara Kepala Daerah Inovatif (KDI) yang digelar Koran SINDO bersama SINDOnews.com. Dalam acara yang yang digelar Kamis (22/8) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) itu, mengambil tema "Inovasi Untuk Indonesia Unggul".

Pelaksana Tugas (PLT) Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri, Akmal Malik mengapresiasi pagelaran KDI yang di selenggarakan oleh Koran SINDO dan SINDOnews.com. Dia berharap agar acara ini dapat memotivasi para kepala daerah untuk terus mensejahterakan rakyat, memberikan pelayanan dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memajukan daerahnya.

"Kami ingin sampaikan agar kepala daerah maksimal menyajikan inovasi dan kreatifitas. Inovasi harus bisa mendorong kesejahteraan masyarakat, pelayanan dan daya saing. Ini sejatinya," kata Akmal Malik dalam sambutannya di malam penganugerahan KDI 2019 di Padang, Kamis (22/8).

Pria asal Sumatera Barat itu juga mengucapkan terimakasih kepada Koran SINDO dan SINDOnews yang menyelenggarakan KDI di Padang. Sebab, dengan begitu dirinya bisa bernostalgia. Tidak salah Koran SINDO dan SINDOnews memilih Padang menjadi lokasi KDI.

Akmal bercerita, pada 2009 lalu ketika gempa terjadi di Padang, hampir semua bangunan hancur. Namun dengan inovasi dan kreativitas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pertumbuhan Padang sangat luar biasa.

"Kita lihat dalam kurun waktu 10 tahun bisa melihat Sumbar maju. Moga acara kali ini memotivasi seluruh kepala daerah untuk lebih optimal," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Akmal juga mengapresiasi Koran SINDO dan SINDOnews yang memberikan penghargaan KDI kepada Bupati Papua Puncak, Willem Mandik. Apalagi sampai hadir dalam acara KDI di Padang ini. Menurutnya, letak geografis yang jauh dan begitu sulit, daerah Papua Puncak sangat maju di bawah kepemimpinan Willem.

"Tidak salah SINDO memberi penghargaan kepada Pak Willem. Sepulang upacara HUT RI di Kementerian Dalam Negeri, 17 Agustus lalu, pak Willem nelpon saya mau video confren. Saya tidak mengira di tanah tinggi bisa video confren, ternyata di handphone saya beliau melakukan langsung video confren," pungkasnya.

Seperti KDI sebelumnya, pada KDI 2019 ini ada enam kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah. Di antaranya Investasi dan ekonomi, sosial budaya, pelayanan masyarakat, infrastruktur dan pembangunan, tata kelola pemerintahan, dan lingkungan hidup.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0983 seconds (0.1#10.140)