alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sumber Air Ini Muncul di Lahan Kering di Gunungkidul

Suharjono
Sumber Air Ini Muncul di Lahan Kering di Gunungkidul
Sumber air muncul di lahan kering milik warga Dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunungkidul. FOTO/IST

GUNUNGKIDUL - Sebuah keajaiban muncul di lahan kering di Desa Bendung, Kecamatan Semin Gunungkidul. Air dengan kedalaman sekitar 60 meter tiba tiba menyembul keluar dengan deras.

Peristiwa sumber air dadakan ini terjadi di lahan milik Suyadi, 62 warga Dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin. Niatan untuk melakukan pengembangan bor lahan untuk bercocok tanam justru menemukan sumber air dengan kekuatan luar biasa.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, peristiwa munculnya air dari bawah tanah ini ketika Suyadi bermaksud mengebor lahan pertaniannya. Pada Senin (19/8/2019), lalu, proses pengeboran pun dimulai. Dalam sehari proses pengeboran bisa mencapai 60 meter.



"Kemudian berhenti sore hari dan akan dilanjutkan keesokan harinya. Lubang pun ditutup dengan karung," tuturnya kepada wartawan Rabu (21/8/2019).

Namun tiba tiba saat malam hari dirinya ke ladang ternyata air menyembul keluar. Oleh warga kemudian dipasangi pipa. "Tanpa disedot air keluar deras sekali. Ini sudah dua hari dua malam tidak surut," imbuhnya.

Diapun mengaku bingung sekaligus bahagia. Apalagi air diperkirakan dengan debit mencapai 1,5 liter per detik. "Banyak warga melihat lokasi karena airnya tidak berhenti ada juga yang percaya bisa untuk obat," beber dia.

Warga lainnya Elmiyatun mengaku sengaja datang ke ladang untuk melihat feomena itu. Dia seperti tidak percaya dengan apa yang dilihatnya. "Ini aneh mosok air keluar dari bawah tanah tanpa disedot," katanya.

Warga berharap air bisa digunakan untuk mengairi lahan sekitarnya. Hal ini bisa untuk mendongkrak hasil pertanian setempat.



(nun)

loading...