alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UGM Wisuda 1867 Sarjana Baru

Priyo Setyawan
UGM Wisuda 1867 Sarjana Baru
Rektor UGM Prof Panut Mulyono mewisuda sarjana baru di Grha Sabha Pramana kampus setempat, Rabu (21/8/2019). Foto Dok Humas UGM

SLEMAN - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mewisuda 1867 lulusan di Grha Sabha Pramana (GSP), Rabu (21/8/2019). Jumlah tersebut terdiri dari program sarjana strata 1 (S1) 1276 lulusan dan Diploma 591 lulusan.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono dalam sambutannya mengatakan pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul di era revolusi industri 4.0. Sebab SDM bukan hanya dapat bersaing secara global, namun juga menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Terlebih era disrupsi ini jenis pekerjaan bisa berubah setiap saat. Banyak pekerjaan lama yang hilang, tetapi juga makin banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan.

“Ada keterampilan mapan yang tiba-tiba tidak relevan dan ada keterampilan baru yang meledak yang dibutuhkan,” katnya.



Untuk itu, keberadaan SDM yang berkualitas menjadi faktor yang sangat menentukan. Adapun proses peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0.

“Karena itu, sebagai pengemban mandat pendidikan nasional, UGM terus melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar serta kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Menurut Panut hal itu dilakukan untuk mencetak lulusan-lulusan berkualitas yang mampu menggunakan ilmu mereka dalam rangka menyelesaikan problema yang ada di tengah masyarakat dan membuat perubahan yang berarti.

Hal yang sama diungkapkan ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM Pratikno. Ia mengatakan di era disrupsi revolusi industri 4.0 agar para wisudwan tidak hanya memiliki satu keterampilan akedemik, namun juga tecnical skill dan social skill. Termasuk dengan memperluas jaringan. Sehingga bergaul lintas fakultas dan lintas prodi sangat penting dan lebih baik.

Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani menambahkan sebenarnya pada periode ini UGM melulusan 3755 sarjana dan Diploma. Hanya saja karena jumlahnya cukup banyak, prosesi wisuda dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (21-22 /8/ 2019). Hari pertama, 1867 lulusan dan sisanya 1888 lulusan Kamis (22/8/2029).



(nun)

loading...